Pesawat Tempur Siluman X-2 Jepang Dijual Lebih Murah, Indonesia Minat Gak Ya

Militer Jepang mulai Unjuk gigi dengan menampilkan pesawat tempur siluman Buatan dalam negeri Jepang. Industri dirgantara jepang Mitsubishi Heavy Industries ditujukan untuk mendesain dan juga mencipakan pesawat siluman super canggih, bahkan sempat beredar isu bahwa pesawat tempur siluman buatan Jepang lebih canggih dari pesawat generasi kelima dan masuk ke generasi keenam. Jepang tanpaknya tidak mau tinggal diam, dengan kebangkitan militer Cina yang telah lebih dahulu menciptakan dan melakukan uji coba pesawat tempur silumannya bahkan bukan J-20 saja pesawat tempur siluman Cina tapi juga J-31.

Pesawat Tempur Siluman  X-2 Jepang Dijual Lebih Murah, Indonesia Minat Gak Ya


Kehadiran pesawat tempur Jepang akan meramaikan persaingan pesawat siluman, kalau sebelumnya banyak analisis membandingkan pesawat tempur Cina dan Rusia dengan pesawat tempur AS, tapi kini sang pesaing muncul ke ring persaingan ini. Indonesia dan Korsel juga akan meramaikan ring persaingan itu tapi keliatannya akan sedikit lambat dengna pesawat tempur siluman KFX / IFX nya.

Pesawat tempur siluman X-2 dirancang untuk memiliki kemampuan stealth dan setelah di produksi penuh akan mampu bersaing melawan pesawat tempur siluman AS F-35, Rusia T-50 dan Cina J-31 dan jika Indonesia muncul sebagai pemain baru. Sementara F-35, Rusia T-50 dan Cina J-31 telah memasuki proses uji coba dan uji kemampuan, Jepang hadir dalam waktu dekat ini. Sementara F-35 terus mengalami kendala dengna berbagai masalah dan mengeluarkan biaya lebih besar, sedangkan pesawat tempur siluman Rusia dan Cina berada pada tahap prototipe. Rusia mengklaim T-50 nya yang prototipe disebut PAK-FA, akan memasuki layanan pada tahun 2017. Cina kurang berkomitmen pada pesawat tempur J-31 untuk memasuki angkatan udara karena pesawat tempur Cina sangat rahasia dan menjadi misteri mengenai spesifikasi dan kemampuannya.

Tonton Video Pesawat tempur Siluman X-2 Jepang di Chanel Militer Youtube Kami




Jepang memilih untuk membangun sebuah pesawat tempur siluman dengan menargetkan pasar dunia untuk pesawat tempur generasi kelima yang memiliki teknologi tercanggih. Beberapa negara lain seperti Korea Selatan, Cina dan Swedia menargetkan pasar dunia pesawat tempur telah melakukannya dengan pesawat tempur generasi sebelumnya.

Pesawat tempur siluman X-2 merupakan fajar baru di Jepang dimana produk pertahanan telah ditargetkan untuk ekspor bernilai tambah tinggi bersama dengan Tokyo memperkuat militernya untuk pertahanan terhadap klaim China di laut sekitar Jepang.


Pesawat bisa muncul sebagai alternatif yang lebih murah untuk F-35 untuk negara-negara di kawasan Laut Cina Selatan seperti Malaysia, Brunei, Singapura, Vietnam, Filipina, dan Taiwan yang tidak akan mampu memperoleh pesawat AS karena control ekspor AS atau kendala produksi.
iklan