Mongolia Terima Senjata Baru Yang Diborong dari Militer Rusia

Militer Mongolia telah menerima pengiriman peralatan militer dari Rusia termasuk tank tempur utama T-72A dan BTR-70M APC yang telah dimodernisasi. Transfer  peralatan tempur ke Mongolia dalam rangka bantuan militer dan teknis dari Federasi Rusia.

Pengiriman tank T-72A yang telah dimodernisasi dan peralatan yang menyertainya untuk meningkatkan potensi pertahanan negara tersebut yang dipindahkan ke Mongolia di bawah kontrak saat ini.
Upacara penerimaan senjata dari Rusia tersebut berlangsung di brigade infanteri mekanis 1 dari tentara Mongolia yang dihadiri Duta besar Rusia dan Atase Pertahanan dari kedutaan Rusia di Mongolia.

Di masa lalu Mongolia telah menerima peralatan militer buatan Rusia termasuk 100 tank utama pertempuran T-72A, 40 BTR-70M APC, 20 BTR-80 dan beberapa truk militer.
 
 

Hubungan bilateral antara Mongolia dan Federasi Rusia begitu kuat sejak era komunis, ketika Uni Soviet mendukung Republik Rakyat Mongolia.

Kerjasama teknis militer dan pertahanan antara Rusia dan Mongolia adalah melihat perkembangan intens dan memiliki sejarah yang panjang, mulai tahun 1921. Sejumlah besar lapis baja dan hardware penerbangan , pesawat tempur dan helikopter, artileri dan pertahanan udara peralatan telah ditransfer ke Mongolia di dekade terakhir.

Saat ini, kerjasama Rusia-Mongolia dalam bidang ini didasarkan pada perjanjian Antarpemerintah pada penyediaan Mongolia dengan bantuan militer-teknis serampangan 2004 dan program Rusia-Mongolia kerjasama militer-teknis dalam jangka menengah 2014.

BTR-70M adalah versi modern dari standar BTR-70 APC dengan menara, mesin diesel dan bagian lambung belakang BTR-80.

T-72A merupakan pengembangan lebih lanjut dari T-72 yang masuk dalam layanan bersama tentara Rusia pada tahun 1979. T-72A dilengkapi dengan laser range-finder baru sight TPD-K1, meriam baru 125mm  2A46, 81 mm granat asap sistem peluncur Jenis 902B, suspensi ditingkatkan untuk meningkatkan mobilitas lintas negara dan pemasangan mesin diesel V-46-6.

Versi ini juga memiliki peningkatan yang signifikan dalam proteksi lapis baja, terutama frontal turret.
iklan