Cina Murka Kepada India Dengan Penempatan Stasiun Satelit Pelacakan ISRO di Vietnam

Berita Militer --- Cina Murka Kepada India Dengan Penempatan Stasiun Satelit Pelacakan ISRO di Vietnam - Rencana India untuk mengaktifkan penerimaan data dan pelacakan stasiun baru di Vietnam telah dikritik oleh think-tank Cina yang menyebutnya sebagai upaya oleh India untuk "menciptakan kekacauan" di kawasan Laut Cina Selatan yang disengketakan untuk kepentingan sendiri.

The Indian Space Research Organisation (ISRO) telah mendirikan Penerimaan Data dan Pelacakan dan telemetri Station di Kota Ho Chi Minh, yang akan diaktifkan segera dan dihubungkan dengan stasiun lain di Biakin, Indonesia, seperti yang dilaporkan oleh Global Times India.

India juga memiliki stasiun pelacakan satelit di Brunei.



Bereaksi terhadap laporan tersebut, Gu Xiaosong, seorang peneliti dari studi Asia Tenggara di Guangxi Akademi Ilmu Sosial mengatakan kepada harian bahwa "India tidak memiliki sengketa wilayah dengan China di Laut China Selatan. Ia ingin menciptakan kekacauan di wilayah untuk melayani tujuan sendiri, yaitu untuk mengimbangi pengaruh China. "


Ini jelas menunjukkan upaya India untuk mempersulit sengketa regional, kata seorang peneliti.

Berita ini muncul berdekatan dengan protes Kementerian Luar Negeri Vietnam atas Cina mendarat pesawat pertama pada pulau buatan yang baru di bangun.
iklan