Cina Akan Kerahkan kekuatan Penuh Dengan Mengirim Kapal Induknya Laut Cina Selatan

Angkatan Laut militer Cina kemungkinan berencana untuk menyebarkan setidaknya satu kapal induk untuk melakukan operasi permanen di Laut Cina Selatan setelah kapal induk kedua yang sedang di buat sepenuhnya operasional, seorang akademisi China mengatakan kepada IHS Jane.

Cina Akan Kerahkan kekuatan Penuh Dengan Mengirim Kapal Induknya  Laut Cina Selatan



Profesor Chu Shulong, yang saat ini direktur Institute of International Strategis dan Studi Pembangunan di Universitas Tsinghua di Beijing, berbicara kepada IHS Jane setelah memberikan kuliah tentang modernisasi militer Cina dan strategi keamanan di S. Rajaratnam School of International Studies ( RSIS) di Singapura. Chu juga seorang profesor di China Departemen Luar Negeri.


"Untuk Laut Utara, Laut Kuning, dan Laut Timur, Cina tidak perlu sebuah kapal induk. [Pesawat tempur] darat Cina mampu mencapai tempat-tempat seperti Kepulauan Diaoyu", kata Chu, mengacu pada wilayah yang juga diklaim oleh Jepang dan dikenal di Tokyo sebagai Kepulauan Senkaku.


Namun, hal yang sama tidak dapat dikatakan dari wilayah Cina di Laut Cina Selatan, profesor berpendapat. "Amerika Harus mengirim [pesawat tempur] dan kapal ke Laut Cina Selatan, Cina saat ini tidak memiliki [pesawat tempur] dengan kapasitas untuk menangani tantangan seperti itu", kata Chu; ia menambahkan bahwa hal itu akan memakan waktu sekitar satu jam untuk pesawat tempur Cina dari pangkalan udara terdekat di pulau Hainan untuk mencapai daerah selatan Laut Cina Selatan.


Kapal laut AS dapat melakukan berbagai misi yang tidak dapat diketahui oleh Cina, hal ini akan menunjukan kelemahan Cina. Untuk itu kemungkinan mengawasi pergerakan AS Cina akan mengirim kapal induk nya guna mengatasi masalah ini.
iklan