Blarus Siap Untuk Memperkuat Kerjasama Militer Taktis Dengan Rusia

Berita Militer --- Industri pertahanan Belarus disiapkan untuk memperkuat kerjasama militer-teknis dengan Rusia, menurut Ketua Komite Industri Militer Negara (SMIC) dari Belarus, Sergey Gurulev.

Blarus Siap Untuk Memperkuat Kerjasama Militer Taktis Dengan Rusia





"Meskipun langkah-langkah ketat yang diprakarsai oleh pemerintah Rusia keras terahadap akses ke Pertahanan Negara (Gosoboronzakaz, GOZ), kita dapat bekerja sama dengan Rusia dengan beberapa cara atau lainnya", kata Gurulev. Dia menyebutkan perusahaan saham gabungan (JSC) Peleng dan JSC Minsk Traktor Roda Tanaman (MZKT) sebagai contoh perusahaan, bekerja sama dengan industri pertahanan Rusia. "MZKT memproduksi sebuah keluarga baru kendaraan untuk sistem rudal mobile Rusia", tambahnya.


Gurulev menunjukkan, bahwa "kita (Belarus dan Rusia) memiliki perjanjian kerjasama militer-teknis dan kami mengikutinya dengan erat". "SMIC berencana untuk mengembangkan kerjasama dengan Rusia (sebagai mitra utama), Cina dan beberapa negara lainnya", tegasnya.


Kerjasama industri militer Rusia-Belarus telah memiliki catatan positif untuk jangka waktu yang panjang. Dalam 1991-2014 Rusia memasok ke Belarus 4 pesawat tempur MiG-29UB, 4 sistem pertahanan udara S-300PS (SA-10B)  dan 150 rudal permukaan-ke-udara (SAM) 5V55R, 12 sistem SAM mobile Tor -M1 (SA-15) dan 300 rudal 9M338 dengan total USD484 juta.
iklan