Bantai Rakyat Suriah, Pasukan Khusus AS Dirikan Pangkalan Udara Di Timur Laut Suriah

Pasukan khusus AS dan ahli mendirikan sebuah pangkalan udara di timur laut Suriah sebagai bagian dari pertempuran melawan kelompok Negara Islam, laporan dari sumber-sumber militer dan keamanan Suriah.

Mereka mengatakan kepada AFP proses pembuatan sedang dikerjakan sedang berlangsung untuk memperluas sebuah lapangan udara di Rmeilan, di provinsi Hasakeh, lapangan udara yang akan digunakan merupakan lapangan pesawat dari pesawat yang digunakan untuk menyemprot pestisida pada tanaman sebelum perang Suriah dimulai lima tahun lalu.
 
 

Sebuah sumber militer Suriah mengatakan hampir 100 "ahli Amerika," bersama pasukan dari anti-IS Unit Perlindungan Masyarakat Kurdi telah melebarkan landasan dan diperbaharui beberapa infrastruktur.

"Pangkalan udara tersebut akan digunakan untuk helikopter dan pesawat kargo. Strip yang sekarang 2.700 meter (meter) panjang dan siap untuk digunakan oleh pesawat yang akan mengangkut peralatan dan amunisi, "tambah sumber itu.

Pentagon tidak mengkonfirmasi laporan tetapi mengatakan militer AS tidak mengambil kendali dari setiap lapangan terbang di Suriah.

"Belum ada perubahan ukuran misi kehadiran AS di Suriah," kata juru bicara Komando Pusat AS Kolonel Pat Ryder.

"Yang sedang berkata, pasukan AS di Suriah secara konsisten mencari cara untuk meningkatkan efisiensi untuk dukungan logistik dan personil pemulihan," katanya.

Pada akhir Oktober, Presiden AS Barack Obama resmi penyebaran hingga 50 tentara operasi khusus untuk Suriah untuk menasihati pasukan darat lokal berjuang IS.

Sumber militer mengatakan kepada AFP bahwa pasukan AS telah bekerja pada lapangan udara Rmeilan "selama lebih dari tiga bulan."

Sebuah sumber keamanan di timur laut Suriah mengatakan "pasukan khusus Amerika dan penasihat militer menggunakan bandara Rmeilan sebagai dasar, dari mana helikopter lepas landas menuju front."

Observatorium Suriah yang berbasis di Inggris untuk Hak Asasi Manusia mengatakan lapangan terbang telah melebar dan "hampir siap untuk kita oleh pesawat Amerika".

AS mendukung aliansi Kurdi-Arab disebut Pasukan Demokratik Suriah terhadap IS di Suriah utara, menyediakan dengan perlindungan udara sebagai bagian dari koalisi yang luas berjuang IS.

Juru bicara SDF Talal Sello membantah bahwa pasukan AS telah mengambil alih Rmeilan, menggambarkannya sebagai "bandara pertanian."

Koalisi pimpinan AS mulai pemboman IS target di Suriah pada bulan September 2014, memperluas misi mereka dari negara tetangga Irak.
iklan