10 Teori Konspirasi yang Akhirnya Terbukti Kebenarannya

Sejauh ini ada banyak sekali teori konspirasi yang beredar di tengah masyarakat. Sebagian meyakini teori konspirasi tersebut dan sebagian lainnya hanya sekedar tahu dan tidak memikirkan lebih jauh lagi.
 
 

Di antara banyaknya teori konspirasi yang cukup menakutkan, ternyata ada beberapa teori konspirasi yang secara mengejutkan terbukti kebenarannya. Seperti dikutip gidy.com, berikut 10 teori konspirasi yang terbukti kebenarannya:

1. Mafia

Saat ini bisa dipastikan hampir semua orang tahu mengenai mafia, sebuah organisasi terselubung yang tiap anggotanya sama-sama melakukan suatu tindak kriminal. Akan tetapi, jauh sebelum mafia dikenal luas seperti saat ini, ada masa di mana keberadaan mafia hanya dianggap sebagai teori yang kurang bisa diterima. Akan tetapi, pada 1960-an ‘teori konspirasi’ mengenai mafia ini mulai terkuak dan terbukti.

2. MK-ULTRA
Cukup banyak penganut teori konspirasi yang mempercayai bahwa Pemerintah secara sembunyi-sembunyi berusaha untuk mengontrol pikiran warganya dan mengembangkan alat pengontrol pikiran selama bertahun-tahun. Di masa lalu, pemerintah telah terbukti berusaha mengontrol pikiran dari kelompok terpilih.

Central Intelligence Agency (CIA) diketahui sempat mengerjakan sebuah proyek rahasia bernama Project MK-ULTRA. Proyek ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah obat yang dapat memaksa seseorang untuk berbicara sebenarnya yang ia sembunyikan. Keberadaan MK-ULTRA ini kemudian terungkap pada 1977 dan 2001.

3. Proyek Manhattan

Pemerintah Amerika Serikat kerap ditanyai perihal kemungkinan adanya penggunaan senjata nuklir pada Perang Dunia II. Cukup lama Pemerintah Amerika Serikat menyangkal tentang adanya kemungkinan penggunaan senjata nuklir pada saat itu.

Namun seperempat abad kemudian, Pemerintah Amerika Serikat akhirnya mengakui pada Perang Dunia II mereka mengerjakan sebuah proyek Manhattan Project, yaitu sebuah proyek pengembangan senjata nuklir. Pemerintah mengatakan proyek tersebut dilakukan karena merasa khawatir Jerman akan menggunakan senjata nuklir lebih dulu.

4. Watergate

Pada 1972, mencuat sebuah teori ‘gila’ mengenai kemungkinan sejumlah elit partai Republik melakukan aksi memata-mataj Partai Demokrat melalui sebuah hotel yang kala itu tidak terkenal, Hotel Watergate.

Orang-orang yang mempercayai teori tersebut dianggap ‘gila’ sampai akhirnya teori tersebut terbukti benar. Presiden Amerika Serikat kala itu, Richard Nixon, terbukti terlibat dalam skandal Watergate hingga akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri.

5. Penelitian Sipilis Tuskegee

Badan Kesehatan Amerika Serikat sempat melakukan sebuah penelitian yang patut dipertanyakan. Kala itu, Badan Kesehatan Amerika Serikat ‘merekrut’ ratusan laki-laki Afrika Amerika yang miskin dan menderita sipilis.

Dalam penelitian tersebut, Badan Kesehatan Amerika Serikat terbukti menahan untuk memberikan pengobatan yang tepat bagi para penderita sipilis untuk mengetahui sejauh mana efek dari sipilis pada tubuh.

6. Operasi Northwoods

Sebagai negara komunis, Kuba merupakan ancaman terbesar Amerika Serikat dan bahkan mendukung perang terhadap Kuba untuk menyingkirkan Fidel Castro. Hal ini mulai terungkap ketika pada satu titik Pemerintah Amerika Serikat mempertimbangkan untuk melakukan sebuah aksi teror di kota mereka sendiri, sehingga tidak ada kemungkinan unuk menentang perang Kuba. Melalui Operasi Northwood hampir semua rencana berjalan mulus secara politik hingga pada akhirnya rencana tersebut ditolak.

7. COINTELPRO

COINTELPRO atau Counterintelligence Progra/ merupakam sebuah program dulu digunakan Federal Bureau of Investigation (FBI) untuk membungkam beberapa kelompok politik yang tidak diinginkan Amerika Serikat.

Pada 1956-1971, sebagian besar yang dilakukan COINTELPRO ialah menjatuhkan dan membongkar kelompok nasionalis kulit hitam hingga gerakan hak azasi wanita. Sebagian lain yang dilakukan dalam program ini ialah membongkar kelompok kebencian rasialis, Ku Klux Klan (KKK).

8. Peredaran Narkotika CIA

Selalu ada teori gila mengenai pemerintah yang secara rahasia mengedarkan kokain rusak pada orang-orang pinggiran di Amerika sekitar 1980-an. Semula, orang-orang yang mempercayai teori ini dianggap ‘rusak’ hingga Gary Webb, Michael Ruppert dan Terry Reed mengungkap bahwa CIA secara rahasia bekerjasama dengan pengedar obat terlarang untuk menjual kokain tersebut di jalanan Los Angeles.

9. Teluk Tonkin

Banyak orang menentak aksi militer di Vietnam sehingga membuat Amerika Serikat terdorong untuk mencari cara mempengaruhi warga agar mendapatkan dukungan. Pemerintah kemudian melakukan sebuah pertempuran bohongan yang dikenal sebagai Insiden Teluk Tonkin.

10. Upaya Pembunuhan Hitler

Selama Perang Dunia II, ada beberapa upaya pembunuhan terhadap Adolf Hitler yang gagal terlaksana. Ketika pada akhirnya semua hal mulai tidak dapat terkendali oleh Jerman saat perang, ada percakapan antar petinggi Nazi untuk membunuh Hitler sebagai upaya menyelamatkan ‘muka’.

Operasi ini kemudian dikenal dengan nama Operasi Valkyre. Hitler kemudian diketahui selamat dari operasi tersebut. Setahun kemudian Hitler diduga meninggal karena bunuh diri.

Republika dan Jakartagreater
iklan