AS Ingkar Untuk Membantu Pengembangan Pesawat Siluman KFX/IFX

WWW.MERAHSATU.COM - Berita Militer Indonesia - AS Ingkar Untuk Membantu Pengembangan Pesawat Siluman KFX/IFX - Berita Militer - Korea Selatan berencana untuk meluncurkan sebuah tim proyek baru yang akan mengambil alih program pembangunan jet tempur  sebelum akhir tahun ini, seorang pejabat dari Kementerian  Pertahanan Nasional, Rabu. "Untuk keberhasilan proyek KF-X, yang diinvestasikan dengan dana besar dan melahirkan pengembangan teknologi kontroversi, tim proyek akan dibentuk di bawah Akuisisi sayap kepala Administrasi Program Pertahanan ," kata pejabat itu.
AS Ingkar Untuk Membantu Pengembangan Pesawat Siluman KFX/IFX
AS Ingkar Untuk Membantu Pengembangan Pesawat Siluman KFX/IFX


Tim baru akan dikelola oleh sebanyak 80 pekerja untuk menyelesaikan tugas proyek Korea Fighter Experimental untuk menghasilkan 120 jet tempur pada tahun 2025.

Kepala tim proyek akan dipilih dari luar pemerintah melalui kontes umum.

"Mayoritas staf merupakan teknisi profesional," kata seorang pejabat departemen pertahanan, menambahkan bahwa peluncuran tim ini bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan profesionalisme dalam mengejar proyek.

18 triliun won ($ 15,9 miliar) proyek telah berada di bawah penundaan setelah keputusan AS untuk tidak mentransfer teknologi kunci jet tempur yang terungkap bulan lalu.

Dalam kesepakatan terkait dengan pembelian 40 pesawat tempur F-35 Lightning II oleh Korea Selatan tahun lalu, Lockheed Martin awalnya menawarkan untuk menyediakan 25 teknologi untuk proyek pesawat tempur siluman korea selatan. Korea Selatan sangat senang dengan kesepakatan itu, namun sayangnya hal itu buyar saat Departemen Luar Negeri AS menolak untuk menyetujui transfer pada empat dari 25 teknologi, mengutip dari peraturan Lintas Internasional in Arms.

Di tengah kontroversi yang berkembang, kepala Dapa Chang Myoung-jin bertemu dengan Presiden Park Geun-hye pada hari Selasa dan penjelasan nya tentang bagaimana lembaga pengadaan akan menopang proyek.

Briefing dilaporkan menunjukkan Dapa akan menebus empat teknologi yang ditolak untuk diberikan oleh AS kepada Korsel. Empat Teknologi penting dari pesawat siluman KFX/IFX yaiut sebuah elektronik dipindai array radar aktif, pencarian inframerah dan electronics optics targeting pod and radio frequency jammer, yang akan dibangun kembali oleh perusahaan militer lokal dengan bantuan teknis dari Inggris Israel dan Swedia.

Parkdilaporkan memerintahkan Chang untuk "mengelola proyek secara menyeluruh sehingga dapat membubarkan kekhawatiran publik."

Kantor berita domestik ditafsirkan bahwa pernyataan menunjukkan dukungan baru presiden untuk kelanjutan proyek meskipun kemunduran baru-baru ini.

Pesawat tempur kerjasama Indonesia dengan Korsel yang diberi nama Korea Fighter Xperiment/Indonesia Fighter Xperiment (KFX/IFX) merupakan jenis pesawat tempur generasi 4.5 namun akan lebih canggih dari pesawat F-16 dan akan sejajar dengan pesawat tempur siluman F-22 dan F-35. Pesawat siluman Indonesia akan mengudara dan masuk ke produksi secara massal pada tahun 2020.

Harga pesawat siluman bervariasi tidak akan sama karena berbeda dari riset dan teknologi yang dimiliki oleh pesawat tersebut. Pesawat siluman tercanggih di dunia saat ini salah satunya adalah pesawat siluman rusia Pak Fa, pesawat siluman AS F-35 dan Pesawat siluman J-20 Cina. Bahkan beberapa negara seperti Jepang, Korea Selatan dan Indonesia juga mengembangkan pesawat siluman.
 
Pesawat tempur buatan indonesia dengan Korea Selatan merupakan pesawat tempur siluman yang merupakan salah satu pesaing dari pesawat tempur tercanggih di dunia saat ini. Bahkan Iran juga telah mengembangkan pesawat siluman yang telah dipublikasikan di depan umum sebagai pesawat siluman Iran yang telah terbang. Namun, banyak pihak yang termasuk analisis militer mengatakan pesawat siluman Iran adalah pesawat bohong atau hoax. Walaupun banyak Video yang menunjukan Iran memamerkan pesawat siluman Iran. Video pesawat siluman Iran ini banyak menuai keritik dan ejekan.
 
 
iklan