Kapal Selam Buatan Militer Cina Membuat AS Ketakutan

Kapal Selam Buatan Militer Cina Membuat AS Ketakutan - Defence News - Kemampuan dari Kapal selam Type 094 Kelas Jinmenurut beberapa analisis dapat menjangkau daratan AS jika terjadi perang antara kedua Negara. Perbandikan kekuatan militer Cina dan kekuatan militer Cina memang masih sangat jauh. Namun, militer CIna tidak berhenti untuk meningkatkan kemampuan militernya, bahkan militer cina telah berhasil menciptakan kapal selam berpeluru kendali agar dapat mencapai daratan AS dengan jangakauan 8000 km.

Kapal Selam Buatan Militer Cina Membuat AS Ketakutan


Hal ini dibantah oleh laporan sebuah media, 12 kapal selam bertenaga nuklir China masih tidak dapat meluncurkan serangan langsung terhadap Daratan AS, Sebuah laporan dari majalah militer Cina berbasis di Kanada. Cina memiliki berbagai jenis kapal selam yang dapat beroperasi di laut dengan baik. Militer China memiliki puluhan kapal selam yang menjadikan militer china salah satu militer terbesar yang miliki kapal selam.

Seperti laporan yang telah dilansir oleh media pertahanan memperkirakan tiga kapal selam selam rudal balistik PLA Angkatan Laut tipe 094 kelas – jin dan dua Jenis 093 Shang-kelas yang saat ini ditempatkan di Sanya, Armada Laut Selatan PLA di provinsi selatan Pulau Hainan.Lokasi ini sangat strategis dan yang paling dekat untuk penyebaran ke Laut Cina Selatan, di mana Militer Cina memiliki perselisihan luas wilayah dengan tetangganya.

Tak satu pun dari tiga kapal selam Tipe 094 telah melakukan tes rudal balistik pada awal tahun ini, kata laporan itu.

Berbeda dengan Angkatan Laut Rusia, Cina sangat tidak mungkin untuk melancarkan serangan terhadap AS dari perairan Kutub Utara. Sebuah serangan akan lebih mungkin akan diluncurkan dari Pasifik terhadap wilayah AS di Guam atau negara bagian Hawaii dan Alaska. Sebuah serangan rudal Cina bisa mencapai sejauh Australia jika diluncurkan dari perairan Laut Cina Selatan. Serangan serupa menargetkan pantai barat AS akan tetap sangat sulit, kata laporan itu.

Untuk menyerang Los Angeles, kapal selam Jin-kelas harus menembakan rudal JL-2 dari dua Pulau yang membentang dari Honshu ke Nugini.Namun, hal ini akan sangat mungkin jika kapal selam Jenis 094 memasuki wilayah ini akan mudah terdeteksi oleh pesawat patroli P-8A Angkatan Laut AS, kata laporan itu.
Kapal selam Type 094 Kelas Jin adalah salah satu kelas baru dari kapal selam peluru kendali balistik yang dibangunkan untuk Angkatan Laut Tentera Pembebasan Rakyat China. Untuk Kapal pertama jenis kapal selam ini telah bangun di Limbungan Huludao, Wilayah Liaoning dan diluncurkan pada bulan Juli 2004. Sekurang-kurang dua kapal selam kelas ini telah sah dioperasikan.

Sebuah gambar yang diambil dari sebuah satelit pada akhir tahun 2006 menangkap gambar dari sebuah gambar kapal selam jenis jin yang sedang berlabuh di Pangkalan Kapal Selam Xiaopingdao. Kapal selam type 04 ini telah di upgrade dan lebih panjang dari Type 092 dari panjang 122 kepada.

Kapal selam jenis 094 kelas jin ini mampu membawa 12 buah Rudal kendali JL-2 dengan jarak kira-kira 8,000 km. Type 094 dinyakini oleh beberapa analisis Barat merupakan kombinasi dari teknologi-teknologi Rusia yang akan mengantikan .
iklan