Analisa I : Kurganets-25 Kendaraan Tempur Canggih

Analisa I : Kurganets-25 Kendaraan Tempur Canggih - Tentara Rusia untuk pertama menampilkan kendaraan tempur lapis baja Baru Kurganets-25 selama 9 Mei di parade  Moskow. Ini adalah parade pertama untuk publik dari kendaraan lapis baja baru, yang telah dikembangkan dalam satu dekade terakhir. Keluarga baru dari kendaraan ini dirancang dan diproduksi oleh KMZ (Kurganmashzavod), produsen dari BMP-2, BMP-3 dan kendaraan BMD.

kendaraan tempur lapis baja Baru Kurganets-25  merupakan kendaraan tempur lapis baja infanteri baru yang dirancang untuk menggantikan sejumlah kendaraan tempur saat ini yang digunakan oleh divisi mekanik Rusia, seperti BMP dan MT-LB platform. Kurganets-25 memiliki perubahan khusus dari desain sebelumnya kendaraan tempur Rusia. Kendaraan baru yang memiliki ukuran lebih tinggi, sehingga kendaraan ini dapat digunakan untuk bertempur dengan baik dimedan pertempuran bukan pembawa pasukan saja. Dengan postur yang lebih tinggi juga berarti lebih baik terhadap perlindungan IED, kendaraan juga mampu dengan baik untuk beradaptasi dalamperang asimetris.

Analisa II : Kurganets-25 Kendaraan Tempur Canggih Rusia

Meskipun beberapa laporan pers menunjukkan bahwa Kurganets-25 memiliki kesamaan yang tinggi dengan platform Armata, Namun hal ini merupakan pendapat keliru karena kendaraan ini jelas berbeda dengan Tank Armata kecuali menara KBP Epoch yang umum untuk kedua Kurganets-25 BMP dan T-15 BMP. Mesin, trek, modul armor tampak jelas berbeda. Kendaraan juga tidak mungkin dikerahkan bersama-sama dengan Kedua tank T-14 dan T-15 dalam formasi lapis baja karena Kurganets-25 merupakan platform untuk melengkapi unit mekanik di medan perang, namun kendaraan ini dapat digunakan untuk menyerang dalam sekala lebih kecil tidak sama dengan 2 tank tersebut.

Dilengkapi dengan baju besi Suite modular, Kurganets 25 menawarkan proteksi lapis baja yang lebih baik, dibandingkan dengan BMP-3 / BMD 4. BMP-3, juga dapat menggunakan sistem proteksi aktif. Mirip dengan T-15, Kurganets 25  juga menggunakan turret KBP Epoch menara tak berawak dengan pemasangan satu meriam 2A42 30mm, senapan mesin koaksial 7.62 PKT dan empat Kornet peluru kendali EM. Tidak seperti menara berawak sebelumnya yang menempati ruang yang signifikan dalam kompartemen pertempuran, Epoch dikendalikan dari jauh dan tidak menembus dek, sehingga mempermudah desain struktural dan kliring dan memberikan lebih banyak ruang untuk pasukan dan perlengkapan.

Sistem Vetronics terintegrasi sebagai standar termasuk sistem pengendalian penembakan, untuk penembak Siang/ malam, sistem bimbingan rudal untuk Kornets, dan penglihatan independen untuk komandan. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan kamera perifer memberikan kesadaran situasional visual untuk pasukan.

Hp power pack 800 terletak di bagian depan, sehingga memberikan ruang bersih dan akses ke regu delapan infanteri yang terdiri dari  tiga Awak - komandan, operator senjata dan driver, pengoperasi kendaraan.

Sebagai kendaraan amfibi seberat 25 ton, Kurganets 25 dapat berenang di air dengan kecepatan 10 km / jam menggunakan dua modul propulsi jet air dan pemecah gelombang dalam air. Di darat kendaraan dapat bergerak off road dengan kecepatan hingga 80 km / jam dan sistem suspensi yang terdiri dari tujuh roda dan torsi bar.itu menjadikan kendaraan ini memiliki kecepatan maksimum 80 km / jam.

Analisa I Kurganets-25 Kendaraan Tempur Canggih
Kurganets-25 BMP pemasangan turret KBP Epoch yang dapat dioperasikan dari jarak jauh. Perhatikan sensor tertutup di setiap akhir dan tabung tertutup, yang bisa menjadi bagian dari sistem proteksi aktif kendaraan. Foto: Vitaly Kuzmin

Analisa I Kurganets-25 Kendaraan Tempur Canggih
Kurganets 25 BTR - APC dilengkapi dengan senjata 7.62mm yang dapat dikendalikan dari stasiun senjata jarak jauh. Foto: Vitaly V. Kuzmin
iklan