10 Negara Pengekspor Senjata di Dunia - Berita Militer - Dalam film Ironman, Stark Industries merupakan salah satu pemasok terbesar senjata canggih dan teknologi pertahanan di seluruh dunia tetapi dalam kenyataannya, apakah Anda pernah bertanya-tanya siapa eksportir terbesar senjata militer di dunia.
Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI) merilis data terbaru tentang "Tren in Arms International Transfer." Sebuah studi perbandingan tentang nilai ekspor senjata global yang disajikan antara periode 2003-2007 dan 2008-2012.

10 Negara Pengekspor Senjata di Dunia

Dari 2008-2012, lima eksportir senjata terbesar menyumbang 75% dari volume ekspor senjata global. Salah satu kejutan terbesar dalam transfer internasional terbaru dari tren senjata adalah perpindahan Cina yang mengalahkan Inggris sebagai eksportir senjata kelima di dunia. Inggris biasanya bermain dalam posisi ketiga  namun kini pertama kalinya mendapat posisi kelima sejak tahun 1950-an dan Cina mengambil alih menjatuhkan Inggris ke nomor enam.
Sebagian besar senjata eksportir dikirim ke wilayah Asia dan Oceania dengan India sebagai penerima terbesar. Berikut adalah daftar 10 besar senjata negara di dunia mengekspor:

 10 Negara Pengekspor Senjata di Dunia 10. Ukraina

Ukraina memiliki eksportir senjata yang dikuasai oleh negara melalui perusahaan Ukrspecexport. Impor dan ekspor penjualan naik 2% pada tahun 2011. Perusahaan ini memiliki kontrak dengan 78 negara. Menurut Ukrspecexport, itu merupakan performa terbaik mereka lebih dari 16 tahun. Ekspor senjata Ukraina  untuk 47% di Asia diikuti oleh Afrika dengan 23%, Eropa dengan 6% dan Amerika dengan hanya 3%.

10 Negara Pengekspor Senjata di Dunia 10. Ukraina

Nilai ekspor senjata Swedia di Eropa turun 30% pada tahun 2012 karena pengurangan biaya untuk membeli bahan militer dan ekonomi negara goyah di Eropa. Selanjutnya, Swedia mampu menyelesaikan beberapa kontrak utama pada sistem penjualan ke India, Pakistan dan Thailand. Peralatan militer diekspor ke negara-negara ini adalah JAS 39 Gripen, erieye dan Combat Vehicle 90. Sementara ekspor Swedia di Eropa dan Amerika Utara mengalami penurunan, terjadi peningkatan tajam dalam ekspor ke Asia dan Timur Tengah sebesar 44%. Penerima terbesar dari senjata Swedia adalah India diikuti oleh Arab Saudi, Pakistan dan Thailand.

 10 Negara Pengekspor Senjata di Dunia 10. Ukraina

Israel dikenal karena memiliki industri pertahanan yang paling maju di Timur Tengah, yang menempatkan negara zionis ini sebagai negara yang masuk di sepuluh negara pengekspor senjata di dunia. Ekspor peralatan pertahanan negara naik menjadi 20% dan kesepakatan senjata utama dengan Italia. Israel juga mengincar peningkatan penjualan ekspor ke Vietnam, Azerbaijan, Brasil dan Polandia.

10 Negara Pengekspor Senjata di Dunia 10. Ukraina

Italia memiliki banyak kontrak pembelian senjata dengan Israel di mana negara berjanji untuk membeli setidaknya 1 miliar dolar peralatan militer Israel. Sebagai imbalannya, Israel akan membeli tiga puluh Master jet M-346  Italia. Kesepakatan Italia dengan Israel adalah penting terutama yang ekonominya tidak stabil.

 10 Negara Pengekspor Senjata di Dunia 10. Ukraina

Sebelumnya termasuk dalam lima besar eksportir senjata terbesar, Inggris digantikan oleh China untuk pertama kalinya sejak SIRP melakukan penelitian di tahun 1950. Negara yang disediakan oleh Inggris termasuk Amerika Serikat, Timur Tengah, Afrika, India dan mitra NATO lainnya. Negara ini menjadi yang pertama kekuatan perdagangan senjata untuk mendukung Perjanjian Perdagangan Senjata hak asasi manusia. Namun, Inggris merupakan pemasok senjata ke negara-negara di mana ada risiko tinggi menggunakan senjata untuk melakukan kekerasan internal.

10 Negara Pengekspor Senjata di Dunia 10. Ukraina

China menggulingkan Inggris untuk tempat kelima sebagai salah satu eksportir lima senjata terbesar di dunia. Volume ekspor China senjata naik 162%. Ini adalah pertama kalinya bagi negara komunis untuk dimasukkan dalam posisi kelima. Penerima senjata terbesar adalah Pakistan 55%. Pakistan di kawasan Asia, sebagai negara yang menerima 74% dari senjata global persediaan bersama-sama dengan Oceania sementara Afrika menerima 13%.

 10 Negara Pengekspor Senjata di Dunia 10. Ukraina

Volume ekspor  senjata Prancis menurun 18% antara periode 2003-2007 dan 2008-2012 karena penyelesaian pengiriman penawaran nilai tinggi untuk angkatan laut, udara dan sistem tanah yang dibuat di tahun 2000. Selain itu, Prancis tidak mampu untuk mengirimkan pesanan untuk sistem senjata bernilai tinggi pada akhir 2012. pesanan yang terpenuhi adalah 10 kapal selam untuk Brasil dan India, 7 frigat untuk Malaysia dan Maroko; dan 175 pesawat tempur untuk India. Dari 2008-2012, Prancis menyediakan 54% dari volume senjata ekspor ke Asia dan Oceania, 14% ke Eropa dan 13% ke Afrika.

 10 Negara Pengekspor Senjata di Dunia 10. Ukraina

Ada juga penurunan ekspor senjata oleh Jerman 8% antara periode yang sama. Negara ini juga menyelesaikan pengiriman yang memberikan tawaran bernilai tinggi untuk sistem angkatan laut dan darat di 2000. Tiga puluh lima persen dari pasokan senjata yang adalah untuk Eropa, 31% untuk Asia dan Oseania dan 17% untuk Amerika. Selanjutnya, Arab Saudi dibeli 600-800 tank Leopard 2A7 +-, sekitar 100 kendaraan lapis baja Dingo-2 dan  kendaraan lapis baja Boxer. Qatar juga membeli hingga 200 Leopard 2A7 +-tank. Jerman dan Aljazair memiliki penawaran yang luar biasa untuk membeli senjata.

 10 Negara Pengekspor Senjata di Dunia 10. Ukraina

Dari 2008-2012, Enam puluh lima persepsi dari ekspor senjata Rusia ini dikirim ke Asia dan Oseania. Lima penerima terbesar senjata Rusia adalah India, Afrika (17%), Timur Tengah (9%), China (5%) dan Vietnam (5%). India masih tetap sebagai pembeli terbesar dari  senjata Rusia. Rusia juga menyediakan 37 Su-30MK dan pesawat tempur Su-27s dan rudal ke Indonesia, Malaysia dan Vietnam. Empat puluh enam persen dari ekspor yang pesawat sementara 20% adalah rudal. Perkiraan 343 Mi-17 helikopter dikirim ke 26 negara termasuk Asia dan Oceania menerima 166 helikopter, Amerika dengan 57, Timur Tengah dengan 48, Eropa dengan 43 dan Afrika dengan 20 unit.

 10 Negara Pengekspor Senjata di Dunia 10. Ukraina

Volume senjata diekspor oleh Amerika Serikat ke  Asia dan Oceania 45% sedangkan Timur Tengah menerima 27% dan 18% untuk Eropa. Dari 2008-2012, 62% dari volume persediaan pesawat AS, yang termasuk dari 49 pesawat tempur, dua di antaranya adalah F-35s dikirim ke Inggris. Penerima signifikan lain dari senjata AS adalah Irak dan Afghanistan menerima masing-masing dari ekspor AS 4%. AS menyampaikan sejumlah besar kendaraan lapis baja ringan, tank dan 36 F-16 pesawat tempur ke Irak.
iklan