Rusia Diam Saat Swedia Terbangkan Pesawat Mata-mata di Atas Negara Itu

Rusia Diam Saat Swedia Terbangkan Pesawat Mata-mata di Atas Negara Itu - Berita Militer Internasional - Pesawat mata-mata milik militer Angkatan Udara Swedia melaksanakan  operasi pengintaian di atas negara Rusia pada hari Rabu  tanggal 12 Agustus 2015. Penerbangan yang dilakukan oleh militer Swedia ini tidak mendapat gangguan dari militer Rusia, hal ini di sampaikan oleh Ian Allen, pengamat militer soal isu pertahanan pada Intelnews.org, Rusia tidak bisa melakukan apapun untuk ini. 

Operasi penerbangan yang dilakukan oleh angkatan udara Swedia ini merupakan bagian dari Perjanjian Open Skies yang diberlakukan pada tahun 1992, perjanjian ini merupakan perjanjian internasional yang disepakati untuk membangun kepercayaan di antara negara yang terlibat dalam perang era Perang Dingin. Awalnya Perjanjian tersebut untuk pertama kali adalah ide dari AS tahun 1990 yang melingkupi semua negara-negara anggota NATO.

Rusia Diam Saat Swedia Terbangkan Pesawat Mata-mata di Atas Negara Itu



Pesawat mata-mata yang diterbang oleh Swedia ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan, namun, kali ini berbeda karena tengah terjadinya ketegangan antara Militer Rusia dan Swedia. Ketegangngan ini akibat adanya kegiatan militer dari RUsia yang dipandang sebagai perbuatan ilegal oleh Swedia, hal ini di komplain oleh Swedia kepada RUsia. Kegiatan militer Rusia yang masuk ke kawasan Swedia secara ilegal dipandang sebagai ancaman serius.
iklan