Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Indonesia Yang Diakui Dunia

MERAHSATU.COM Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Indonesia Yang Diakui Dunia - Berita Militer Indonesia - Pasukan khusus (pasukan elit) pasukan operasi khusus merupakan tentara pilihan dari kesatuan-satuan militer yang dibentuk dan didik dengan latihan khusuk untuk melaksanakan misi khusus seperti perang non-konvensional, perang anti-teroris, misi pengintaian, misi langsung, dan sebagai lambang dari pertahanan luar negeri. Biasanya Pasukan khusus (pasukan elit)  terbentuk dari kelompok kecil yang memiliki kemampuan khusus dan sangat terlatih dalam berbagai medan perang, pasukan ini dipersenjatai dengan senjata khusus, dengan tim yang kecil pasukan ini bekerja secara mandiri, mereka seperti siluman nama dan kesatuan mereka sering dirahasiakan untuk melindung identitas meraka, dan mereka memiliki moto kerja cepat dan menyelsaikan misi kecepatan tinggi. Pasukan khusus (pasukan elit) yang memiliki kemampuan diatas rata-rata sehingga sering diminta untuk melatih satuan militer luar negeri, oleh karena itu mereka dididik untuk dapat menguasai keahlian budaya dan bahasa. Untuk memilih seorang pasukan khusus maka yang di utamakan adalah IQ yang tinggi dan kemampuan kecerdasan dan bela diri yang mempuni.

Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Indonesia Yang Diakui Dunia
Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Indonesia Yang Diakui Dunia

walaupun terlihat sama Pasukan khusus  berbeda dengan pasukan elit Keduanya memiliki  istilah yang agak samar-samar, hal ini lebih karena kriteria dari pasukan khusus atau elit disetiap negara dapat berbeda pada setiap negara. Pasukan khusus  dan pasukan elit memiliki perbedaan dimana Pasukan elit merupakan kesatuan tentara yang dipilih kemudian disatukan menjadi satuan yang sama. Sama hal nya dengan pengertian "makanan pokok adalah beras dan beras bukan satu-satunya makanan pokok pengertian itu juga berlaku ""Semua pasukan khusus merupakan pasukan elit, namun, pasukan elit belum tentu pasukan khusus". Pasukan elit dibentuk untuk dapat menjalankan tugas pasukan reguler, namun, dapat melakukan lebih baik dari pasukan reguler.

Untuk menjadi pasukan khusus maka harus melewati proses seleksi menjadi pasukan khusus sangat sulit, dengan syarat dan kriteria tinggi diterapkan untuk seorang calon pasukan khusus. Untuk memperoleh kemampuan khusus seorang calon pasukan khusus harus mengikuti pendidikan materi khusus lebihi dua tahun. Hal ini agar pasukan khusus memperoleh kemampuan untuk menyelsaikan misi tertentu yang tidak didapatkan di pasukan reguler. Materi pendidikan pasukan khusus disesuaikan dengan misi lapangan yang lebih berat.  Hampir dapat dipastikan hampir semua misi pasukan khusus adalah rahasia dan sangat diam-diam serta berhubungan dengan informasi rahasia. Dalam pendidikan calon pasukan khusus diharuskan dapat melewati proses pengujian yang berat dan memiliki tingkat kegagalan yang tinggi.
  1. Berikut Profil dan foto dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus )
Komando Pasukan Khusus yang terkenal dengan Kopassus yakni bagian Komando Utama (KOTAMA) tempur yang ada di TNI Angkatan Darat, militer Indonesia. Pasukan Kopassus memiliki keahlian khusus yang dapat bergerak cepat di setiap medan, menjadi seorang sniper yang mampu menembak dengan tepat, mampu melakukan pengintaian dengan keakuratan informasi tinggi, dan  mampu mengatasi masalah anti teror.

Kopassus memiliki catatan sejarah panjang dalam setiap misi dan berhasil mencatatkan keberadaannya sebagai pasukan khusus yang dapat  menangani tugas-tugas yang berat. Berbagai operasi Kopassus yang telah di jalankan: melakukan penyusupan ke daerah Vietnam di pulau Galang di kemp pengungsian untuk membantu pengumpulan informasi yang di kordinasikan dengan pihak Amerika Serikat (CIA), melakukan misi penyusupan di perbatasan Malaysia dan juga Australia bahkan operasi patroli jarak jauh (long range recce) di perbatasan Papua nugini. Semua misi yang dijalankan merupakan misi berat yang dapat berhubungan langsung di posisi lawan yang dapat membahayakan keselamatan pasukan khusus.
Prajurit Kopassus ditubuh militer Indonesia sangat mudah untuk dikenali dengan baret merah yang mereka kenakan, Baret merah yang digunakan pasukan khusus ini sehingga mereka sering disebut sebagai pasukan baret merah. Moto dari pasukan khusus Kopassus Berani, Benar, Berhasil.


 Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Militer Indonesia Yang Diakui DuniaFoto Dan Profil 8 Pasukan khusus Militer Indonesia Yang Diakui Dunia Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Militer Indonesia Yang Diakui Dunia Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Militer Indonesia Yang Diakui Dunia Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Militer Indonesia Yang Diakui Dunia Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Militer Indonesia Yang Diakui Dunia Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Militer Indonesia Yang Diakui Dunia Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Militer Indonesia Yang Diakui Dunia Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Militer Indonesia Yang Diakui Dunia

2. Berikut Profil dan foto dari Detasemen Jala Mangkara

Detasemen Jala Mangkara juga disebut dengan Denjaka merupakan pasukan khusus dari detasemen pasukan khusus TNI Angkatan Laut di tubuh militer Indonesia.  Pasukan khusus Denjaka  terdiri dari satuan gabungan berasal dari personel Kopaska dan Taifib Korps Marinir TNI-AL. Pasukan khusus yang satu ini  menjalankan masa pendidikannya dengan materi khsuss di Bumi Marinir Cilandak. Materi pendidikan pasukan khusus ini yang wajib di selsaikan adalah pendidikan yang disebut PTAL (Penanggulangan Teror Aspek Laut). Masapendidikan dari pasukan khusus Angkatan Laut Indonesia ini selama 6 bulan. Fungsi dan tugas utama dari Denjaka memang dikhususkan untuk satuan anti teror,  walaupun demikian  pasukan khusus ini juga dapat dioperasikan di mana saja terutama anti teror aspek laut. Dua tugas pokok dari pasukan khusus ini yaitu membina kemampuan antiteror dan antisabotase di laut dan di daerah pantai serta kemampuan klandestin aspek laut.

Proses pemilihan anggota Denjaka dilakukan sejak pendidikan para dan komando. Proses pendidikan ini selangkah sebelum dapat masuk ke Denjaka, prajurit yang terpilih harus telah berkualifikasi Intai Amfibi. Saat menjalankan misi rahasiannya, satuan khusus ini mampu bergerak menuju sasaran baik lewat permukaan atau bawah laut maupun lewat udara.

Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Militer Indonesia Yang Diakui Dunia
Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Militer Indonesia Yang Diakui Dunia Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Militer Indonesia Yang Diakui Dunia Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Militer Indonesia Yang Diakui Dunia Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Militer Indonesia Yang Diakui Dunia Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Militer Indonesia Yang Diakui Dunia
Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Militer Indonesia Yang Diakui Dunia

3. Berikut Profil dan foto dari Komando Pasukan Katak

Komando Pasukan Katak atau terkenal dengan Kopaska berdiri sejak 31 Maret 1962 yang diresmikan oleh bapak proklamator Indonesia Presiden Sukarno dengan tujuan untuk mendukung kampanye militer di Irian Jaya.

Tugas utama Kopaska yaitu menghancurkan kapal dan juga pangkalan musuh, menyerang instalasi bawah air, melakukan pengintaian untuk mempersiapkan perebutan pantai serta operasi pendaratan kekuatan amfibi. Pasukan khusus Komando Pasukan Katak  "Kopaska"  merupakan  pasukan khusus dari TNI Angkatan Laut yang ada dalam tubuh militr Indonesia. Tan Hana Wighna Tan Sirna merupakan semboyan yang selalu menjadi motivasi dari Kopaska yang memiliki makna "tak ada rintangan yang tak dapat diatasi".

Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Militer Indonesia Yang Diakui Dunia Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Militer Indonesia Yang Diakui Dunia Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Militer Indonesia Yang Diakui Dunia Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Militer Indonesia Yang Diakui Dunia Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Militer Indonesia Yang Diakui Dunia Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Militer Indonesia Yang Diakui Dunia
Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Militer Indonesia Yang Diakui Dunia
Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Militer Indonesia Yang Diakui Dunia

4. Berikut Profil dan foto dari YonTaifib
 
Batalyon Intai Amfibi yang terkenal dengan sebutan YonTaifib merupakan satuan elit yang ada dalam Korps Marinir yang berada di tubuh militer Indonesia setingkat dengan Kopassus yang sama-sama memiliki misi khusus.  Sebelumnya pasukan YonTaifib dikenal dengan   nama KIPAM (Komando Intai Para Amfibi). Calon peserta pasukan khusus YonTaifib disleksi dengan kualifikasi yang ketat dan berat karena harus memenuhi syarat seperti mental dan fisik yang kuat, juga kesehatan yang baik, dan sudah berdinas aktif minimal 2 tahun. Adapun materi pendidikan dari pasukan khsusus ini banyak macamnya Salah satu materi pendidikan pendidikan intai amfibi yang terkenal ekstrim yaitu berenang dalam kondisi tangan dan kaki terikat, sejauh 3 km. Pasukan ini bukan satu-satunya pasukan khusus di tubuh TNI AL militer Indonesia karena pasukan terbaik dari satuan ini kemudian direkrut lagi masuk kedalam Detasemen Jala Mengkara (Denjaka).

Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Indonesia Yang Diakui Dunia Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Indonesia Yang Diakui Dunia Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Indonesia Yang Diakui Dunia Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Indonesia Yang Diakui Dunia Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Indonesia Yang Diakui Dunia Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Indonesia Yang Diakui Dunia Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Indonesia Yang Diakui Dunia Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Indonesia Yang Diakui Dunia

5. Berikut Profil dan foto dari Bravo 90

Satuan Bravo 90 yang disingkat dengan Satbravo-90 awalnya bernama Denbravo 90 merupakan pasukan khsusus dari satuan pelaksana operasi khusus Korps Pasukan Khas yang memiliki kedududkan langsung di bawah Dankorpaskhas. Pasukan khsusu Bravo 90 Paskhas memiliki tugas pokok untuk mampu menjalankan operasi intelijen, menghancurkan alutsista atau instalasi pihak musuh dalam upaya mendukung operasi udara dan mengatasi teror bajak udara dan operasi lainnya sesuai perintah Panglima TNI. Dalam hal pebentukan pasukan khusus  di tubum militer Indonesia pasukan khusus terbilang yang paling muda ayitu pada tahun 1990, nama Bravo bermakna yang terbaik. Pasukan khusus ini memiliki semboyan  Catya Wihikan Awacyama Kapala yang bermakna Setia, Terampil, Berhasil.


Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Indonesia Yang Diakui Dunia
Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Indonesia Yang Diakui DuniaFoto Dan Profil 8 Pasukan khusus Indonesia Yang Diakui DuniaFoto Dan Profil 8 Pasukan khusus Indonesia Yang Diakui DuniaFoto Dan Profil 8 Pasukan khusus Indonesia Yang Diakui DuniaFoto Dan Profil 8 Pasukan khusus Indonesia Yang Diakui Dunia

6. Berikut Profil dan foto dari Sat-81/Gultor  

Satuan 81/Penanggulangan Teror atau disebut dengan Sat-81/Gultor merupakan satuan khusus di tubuh pasukan khusus Kopassus yang mendapat setingkatan dengan Grup yang direkrut dari Prajurit terbaik dari seluruh Prajurit TNI. Pasukan khusus ini menempuh pendidikannya di markas Cijantung, di kawasan Jakarta Timur. Pasukan khusus ini memiliki kekuatan yang tidak dipublikasikan secara umum, karena jumlah personel dan jenis persenjataannya yang dimilikinya sangat di rahasiakan.


Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Militer Indonesia Yang Diakui Dunia
Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Militer Indonesia Yang Diakui Dunia Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Militer Indonesia Yang Diakui Dunia Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Militer Indonesia Yang Diakui Dunia Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Militer Indonesia Yang Diakui Dunia Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Militer Indonesia Yang Diakui Dunia

7. Berikut Profil dan foto dari Densus 88 

Detasemen Khusus 88 yang disingkat dengan Densus 88 pasukan khusus yang dibentuk dari Kepolisian Negara Republik Indonesia dengan tugas untama untuk penanggulangan terorisme di Indonesia. Densus 88  adalah Pasukan khusus yang di dilatih khusus guna menangani segala ancaman teror. Pasukan ini juga direkrut dari pasukan Gegana.


Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Indonesia Yang Diakui Dunia
Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Indonesia Yang Diakui Dunia Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Indonesia Yang Diakui Dunia

8. Berikut Profil dan foto dari Gegana 

Pasukan khusus Gegana merupakan bagian dari POLRI yang berada di tubuh militer Indonesia. Pasukan khsusus ini tergabung dalam Brigade Mobil (brimob), unit satuan elit ini memiliki kemampuan khusus seperti anti teror, sebagai penjinakan bom, tugas intelijen, kemampuan anti anarkis, dan penanganan KBR (Kimia, Biologi, Radio aktif). Moto atau semboyan dari Gegana adalah Setia, Tabah, Waspada dan memiliki julukan walet hitam.

Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Indonesia Yang Diakui Dunia Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Indonesia Yang Diakui Dunia Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Indonesia Yang Diakui Dunia
Demikianlah Foto Dan Profil 8 Pasukan khusus Indonesia Yang Diakui Dunia, anda dapat menajdikannya sebagai DP BBM pasukan elit Indonesia ini.
iklan