5 Penembak Jitu Terbaik Dunia, Pasukan Elit Indonesia Salah Satunya

MERAHSATU.COM - 5 Penembak Jitu Terbaik Dunia, Pasukan Elit Indonesia Salah Satunya -  Berita Militer Dunia - Sniper (penembak runduk), merupakan bagian yang tidak terlepas dari bagian militer diseluruh dunia. Mereka adalah tentara yang dilatih khusus menjadi seorang yang memiliki kemampuan khusus untuk dapat yang membunuh musuh secara senyap dan tersenbunyi dari jarak jauh dengan menggunakan senapan khusus.

Prajurit dengan kemampuan khusus ini hampir dimiliki oleh semua militer di dunia ini, begitu juga TNI Indonesia. Bahkan dalam beberapa ajang perlombaaan Indonesia selalu dapat menunjukan prestasinya, terakhir Indonesia memborong 30 mendali emas dari berbagai ajang tembak salah satunya adalah penembak jitu.

5 Penembak Jitu Terbaik Dunia, Pasukan Elit Indonesia Salah Satunya
Istilah Sniper (penembak runduk) tercatat pada tahun 1770-an. Kata sniper berasal dari kata snipe, snipe sendiri adalah burung yang tidak mudah untuk ditembak dan didekati, sehingga orang yang berhasil menembaknya di sebut sniper. Seiringa perkembangngan zaman penggunaan kata sniper sudah disalah gunakan oleh media yang digunakan untuk mendeskripsikan pelaku kejahatan yang membunuh dengan menggunakan senjata laras panjang.

Doktrin militer

Doktrin militer mengenai fungsi sniper dan posisinya pada unit militer dan taktik militer bisa berbeda-beda pada setiap negara. Namun, Secara umum peran dari seorang sniper dalam medan perang yaitu untuk mengurangi kemampuan tempur musuh dan juga menjatuhkan mental musuh dengan strategi membunuh sasaran yang bernilai tinggi seperti para petinggi militer, komanda dan perwira.
Di beberapa negara strategi dan doktrin militer yang digunakan oleh sniper Amerika Serikat, Inggris, Indonesia dan juga banyak negara lainnya , dibentuk menjadi sebuah tim yang terdiri dari dua orang. Anggota sniper ini memiliki masing-masing fungsi satu sebagai penembak, dan satu orang spotter (penunjuk sasaran).  Biasanya keduannya memiliki kemampuan untuk menembak yang baik dan Dalam praktek di medan tempur keduanya dapat saling menggantikan antara penembak dan spotter dan penembak biasa bergiliran menembak, agar  untuk mengurangi kelelahan pada mata.
Misi penting dari seorang sniper yiatu :
  1. pengintaian dan pengamatan
  2. anti-sniper
  3. membunuh komandan musuh
  4. memilih target sendiri secara oportunis
  5. tugas anti material (penghancuran peralatan militer), dengan menggunakan senjata berkaliber besar.
Perbedaan antara penembak runduk dengan penembak jitu

5 Penembak Jitu Terbaik Dunia, Pasukan Elit Indonesia Salah Satunya

Penembak runduk (sniper) dan penembak jitu (marksman, sharpshooter, ataupun designated marksman) memiliki perbedaan dokterin medan perang. Seorang Sniper dilatih untuk menjadi ahli stealth serta kamuflase hal ini berbeda dengan penembak jitu yang tidak dilatih untuk tak tampak dan mampu berkamuflase di medan perang. Sniper adalah unit yang terpisah dari regu infanteri, biasanya mereka di kirim lebih dahulu ke medan perang untuk melakukan pengintaian dan memberikan informasi lapangan yang sangat penting dan berharga, Selain itu sniper dapat menimbulkan efek psikologis terhadap musuh. Berbeda dengan peran dan fungsi dari penembak jitu yang berperan untuk memperpanjang jarak jangkauan pada tingkat regu.
Senjata Sniper

Senjata yang digunakan oleh seorang Sniper sering memakai senapan runduk bolt-action khusus, berbeda dengan penembak jitu yang menggunakan senjata semi-otomatis, pada umumnya senjata semi otomatis ini merupakan senjata tempur atau senjata serbu yang telah dimodifikasi dan ditambah teleskop.
Kemampuan dari seorang Sniper diperoleh dari pelatihan khusus yang mendapat materi khusus seperti mampu menguasai teknik bersembunyi, teknik penyamaran dengan pemakaian kamuflase, dan materi pengintaian dan pengamatan, juga kemampuan infiltrasi garis depan. Materi dan kemampuan ini hampir tidak dimiliki dimiliki oleh seorang penembak jitu. penempatan Penembak jitu ditempatkan pada tingkat regu, dan sniper pada tingkat batalion serta tingkat kompi.
Senjata yang digunakan oleh Sniper di masa perang dunia
  1. senjata K98k Mauser dari Jerman
  2. senjata Springfield 1903 dan senjata M1 Garand dari Amerika Serikat
  3. senjata Mosin-Nagant dari Soviet
  4. senjata Arisaka dari Jepang
  5. dan senjata Lee Enfield No. 4 dari Inggris.
Senjata-senjata ini telah dimodifikasi dengan menambahkan laras khusus, penambahan alat bidik teleskop,bantalan pipi, bipod,  dan penyembunyi kilatan.

Kamuflase

5 Penembak Jitu Terbaik Dunia, Pasukan Elit Indonesia Salah Satunya
Sniper memakai teknik kamuflase untuk membatasi gerakan mereka, hal ini dilakukan untuk tidak bisa dideteksi musuh yang mereka intai.

Beberapa hal penting yang sangat perlu diperhatikan oleh seorang sniper adalah Bidikan teleskopik pada senjata mereka. Lensa yang digunakan oleh  Bidikan teleskopik  senjata mereka dapat menjadi sebagai senjata makan tuan karena dapat  memantulkan cahaya alat bidik harus terbuka sehingga dapat membeberkan posisi sniper. Untuk mengatasi masalah ini maka yang perlu dilakukan oleh seorang sniper adalah dengan mencari tempat bersembunyi yang terhindar dari terkena cahaya matahari langsung, ataupun dapat  dengan menutupi lensa menggunakan sesuatu yang tak memantulkan cahaya seperti sebuah kain tipis.
Untuk seorang Sniper modern di zaman ini yang sangat penting untuk diperhatikan adalah teknik kamuflase. Saat ini untuk mengetahui lokasi dari sniper sangat mudah yaitu dengan menggunkan cahaya infra-merah penglihatan suhu (thermal vision) bahkan juga dapat mengetahui senjata yang digunakan oleh sniper tersebut maka penggunaaan bahan pakaian sangat perlu di perhatikan untuk tidak terbaca dan memunculkan suhu tubuh.

Sniper Terbaik Di Dunia

Berikut ini adalah sniper-sniper terbaik yang dimiliki oleh beberapa negara yang terbukti di medan perang. Bahkan identitas dari seorang sniper selalu ditutupi oleh pihak militer termasuk militer Indonesia yang menutupi keberadaan sniper mereka setelah puluhan tahun baru ada bocoran bahwa ini adalah sniper Indonesia.

1. 5 Penembak Jitu Terbaik Dunia, Pasukan Elit Indonesia Salah Satunya
Sniper pertama datang dari Finlandia yang mendapat julukan sebagai "White Death :Kematian Putih". Julukan ini diberikan oleh tentara Soviet karena banyak tentaranya yang menjadi korban dari sniper ini.  Dia adalah Simo Hayha yang merupakan seorang petani dan merangkap sebagai seorang pemburu yang sudah lulus masa wajib militer. Ia memutuskan untuk berperang melawan dan menjadi sniper setelah Uni Soviet menggempur Finlandia tahun 1939. Ia berhasil membunuh banyak musuh dan memiliki rekor terbaik saat itu karena keahliannya membunuh bahkan dengan  menggunakan senapan standar.

5 Penembak Jitu Terbaik Dunia, Pasukan Elit Indonesia Salah Satunya
Wanita sangat jarang dikenal dengan keahliaannya dalam menggunakan senjata. Wanita terkenal lembut ternyata dapat menggunakan senjata dengan lihai. Hal ini dibuktikan oleh Pavlichenko yang berhasil membunuh 309 korbannya. Ini menjadi rekor tertinggi yang dipegang oleh seorang sniper wanita.

5 Penembak Jitu Terbaik Dunia, Pasukan Elit Indonesia Salah Satunya
Sniper berikutnya yaitu Francis Pegahmagabow, ia merupakan seorang yang mampu menembak dan menangkap dalam jumlah besar. Ia berhasil membunuh sekitar 378  dengan senjatanya bahkan dapat  menangkap 300 orang lebih. ia adalah seorang sniper dan juga ahli intai terbaik yang dianuggrahi 3 mendali militer karena kepiawaiannya dan juga sniper paling produktif.

5 Penembak Jitu Terbaik Dunia, Pasukan Elit Indonesia Salah Satunya
Sniper AS yang terknal saat perang melawan Vietnama adalah Carlos, ia merupakan seoran tentara dari kesatuan angkatan darat Amerika Serikat.  Keahliannya di hutan didukung dengan keahlianya dalam menggunakan senjata menjadikannya sebagai sniper produktif di hutan yang telah membunuh sekitar 93 orang. Hal ini membuat pihak Vietnam murka sehingga menghargai kepala Hathcock  Rp 300 juta. 

5 Penembak Jitu Terbaik Dunia, Pasukan Elit Indonesia Salah Satunya
Sniper Indonesia terbaik datang dari Angkatan darat TNI. Militer Indonesia sangat merahasiakan keberadaan pasukan elitnya ini agar tidak diketahui oleh musuh, karena mereka adalah salah satu pendukung keberhasilan misi di medan perang. Baru setelah lebih 30 tahun terungkap bahwa salah seorang dari militer Indonesia memiliki rekor yang membuat negara lain mencantumkannya dalam sebuah buku Sniper Training, Techniques and Weapons karya Peter Brookesmith yang terbit tahun 2000, nama prajurit Indonesia Tatang Koswara masuk dalam deretan daftar 14 besar Sniper’s Roll of Honour di dunia. Menurut Pengakuannya ia sudah membunuh 80 orang.  Tatang mencetak rekor 41 di bawah Philip G Morgan (5 TH SFG (A) MACV-SOG) dengan rekor 53.
iklan