Pesawat Tempur Tercanggih Militer Indonesia

Pesawat Tempur Tercanggih Militer Indonesia - Berita MiliterIndonesia tak habis habisnya membuat militer dunia kaget. Indonesia memiliki sejarah panjang dalam dunia militer. Militer Indonesia memiliki pasukan khusus atau pasukan elit yang juga diakui dunia. Pasukan khusus Indonesia 8 kali juara berturut-turut dalam ajang aju nyali dan kemampuan militer dunia. Indonesia selalu memegan juara umum dan tidak terhitung mendali yang telah di peroleh.

Indonesia di masa silam merupakan negara yang memiliki kekuatan militer terkuat di Asia. Indonesia memiliki persenjataan tercangih dan moderen di masa itu. Kekuatan militer Indonesia bisa menjadi terkuat karena Indonesia memiliki ikatan baik dengan saudara jauhnya yaitu Rusia.

Pesawat Tempur Tercanggih Militer Indonesia

Saat ini teknologi militer Indonesia kembali ingin di tingkatkan setelah lebih beberapa dekade tertinggal dari negara lain. Kemampuan tentara Indonesia sedang dalam masa peningkatan dengan program MEF yang menjadi program acuan dasar setiap pembelian dari alutsista terbaru militer Indonesia.

Dengan program MEF militer Indonesia telah mencari penganti pesawat F-5 Tiger yang mulai tua. Pesawat F-5 merupakan pesawat buatan AS dan telah lama mengabdi menjaga kedaulatan udara Indonesia. Karena telah tua maka Militer Indonesia telah memeliki rencana untuk mencari penggantinya. Pesawat tempur yang menjadi incaran dari Indonesia adalah F-16 Block 52, Eurofighter Typhoon, Swedish JAS 39 Gripen fighters dan Sukhoi Su-35 masuk daftar belanja yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

Harga pesawat Sukhoi Su-35 lebih bersaing dari F-22.  Selain itu pengamat menilai pesawat  Sukhoi Su-35 memiliki kemampuan lebih baik dari pesawat F-22 AS. Jangkauan dari pesawat  Sukhoi Su-35 lebih jauh dan mampu bermunover dengan gaya cobra, monuver ini menjadikan pesawat ini lebih unggul di udara karena dengan tiba-tiba dapat membalik situasi.

Dengan memiliki pesawat  Sukhoi Su-35  maka militer Indonesia melalui TNI AU akan mampu menimbulkan efek gentar dan bahkan membuat negara asing tidak berbuat macam-macam di wilayah udara Indonesia.

Sebelumnya Indonesia telah memiliki pesawat tempur tercanggih yang mampu buat militer negara lain takut. Militer Indonesia pernah menjadi macan Asia karena memiliki militer terkuat dibawah pimpinan presiden Soekarno. Ini tidak terlepas karena dukungan dari Militer Rusia yang memberikan dukungan penuhnya kepada sang proklamator. Dukungan Alutsista tercanggih milik militer Rusia ini menjadikan Indonesia memegang kendali perang melawan Belanda. Jumlah Kapal selam Canggih Indonesia 12 unit dan kapal perang Irian Barat yang memiliki kemampuan menghancurkan musuh dengan singkat.

Pesawat tercanggih milik Indonesia salah satunya yaitu pesawat pembom tercanggih milik Rusia. Pesawat tercanggih Indonesia ini adalah satu-satunya di kawasan Asia Tenggara kala itu. Sebelumnya di masa lampau Indonesia telah memiliki pesawat canggih yang datang dari Rusia. Kini Indonesia telah memiliki beberapa pesawat canggih diantarannya BAe Hawk 209, T-50 Golden Eagle, Embraer EMB 314 Super Tucano,  Lockheed Martin F-16 Fighting Falcon,  Northrop F-5E/F Tiger II,  Sukhoi Su-27, Sukhoi Su-30, dan F-33 (KFX/IFX dalam proses pengembangan).

Sebelum banyak  datang Alutsista canggih Indonesia tersebut ternyata Indonesia memiliki pesawat tempur yang sangat canggih dimasa lampau.

1. Jet tempur MiG
 
Pesawat Canggih Indonesia yang mengabdi di kesatuan TNI AU adalah pesawat dukungan dari militer Rusia yaitu sebanyak 4 unit pesawat tempur yang membuat Belanda ketakutan. Alasannya 4 pesawat ini adalah pesawat yang memiliki kecanggihan diatas rata-rata kala itu. Keempat pesawat tersebut adalah MiG-15, MiG-17, MiG-19 dan MiG-21.

Kecanggihan dari setiap pesawat ini sangat di akui dunia, setiap pesawat canggih ini memiliki spesifikasi yang kuat terahadap pertempuran menghadapi lawannya.

Pesawat Canggih MiG-15 dengan spesifikasi panjang 10,07 meter serta memiliki lebar sayap 10,08 meter dengna mesin Klimov VK-1. Mesin pesawat ini membuatnya dapat melesat dengan kecepatan maksimal 1.059 km per jam dan menempuh jarak tempuh hingga 1.240 km.
Pesawat Tempur Tercanggih Militer Indonesia

Pesawat Canggih MiG-17 dengan spesifikasi panjang 11,26 meter dan lebar sayap 9,63 meter dengan mesin Klimov VK-1F. Dengan mesin ini pesawat ini dapat terbang dengan kecepatan mencapai 1.145 km per jam dan jarak tempuh 2.060 km.
Pesawat Tempur Tercanggih Militer Indonesia
Pesawat Canggih MiG-19 dengan spesifikasi panjang 12,54 meter dan lebar sayap mencapai 9 meter dengan 2 mesin Tumansky RD-9B. Dengan mesin ini pesawat ini dapat terbang dengan kecepatan mencapai 1.455 km per jam dan jarak tempuh 2.200 km.
Pesawat Tempur Tercanggih Militer Indonesia
Pesawat Canggih MiG-21 dengan spesifikasi panjang 14,5 meter dan lebar sayap mencapai 7.154 meter dengan mesin Tumansky R25-300 Dengan mesin ini pesawat ini dapat terbang dengan kecepatan mencapai 2.175 km per jam dan jarak tempuh 1.210 km.
Pesawat Tempur Tercanggih Militer Indonesia
Pesawat Canggih Lavochkin La-11 adalah pesawat lainnya yang diberikan kepada Indonesia. dengan mesin Shvetsov ASh-82FN yang dilengkapi pendingin udara dan fuel injection. Dengan mesin ini pesawat ini dapat terbang dengan kecepatan mencapai 2.235 km.
Pesawat Tempur Tercanggih Militer Indonesia
2. Jenis pesawat bomber tercanggih
Pesawat canggih lainnya dimiliki militer Indonesia di masa lalu adalah 3 pesawat bomber super canggih   Tupolev Tu-2, Tu-16 dan Ilyushin Il-28. Dibanding Tu-16 dan Ilyushin Il-28, kemampuan tempur Tu-2 sudah terlihat saat berlangsungnya perang dunia kedua.

Pesawat Canggih Tu-2 dengan 4 orang kru ini diciptakan pada 1941-1948. Dengan 2 mesin Shvetsov ASh-82 Dengan mesin ini pesawat ini dapat terbang dengan kecepatan mencapai 528 km per jam dan dapat membawa bom seberat 9,000 kg.
Pesawat Tempur Tercanggih Militer Indonesia
Pesawat Canggih Tu-16 dengan 7 orang kru  dikenal publik pada 1954 Dengan 2 mesin Mikulin AM-3 M-500 Dengan mesin ini pesawat ini dapat terbang dengan kecepatan mencapai 1.050 km per jam dan jarak tempuh 7.200 km.
Pesawat Tempur Tercanggih Militer Indonesia
Pesawat Canggih Il-28 dengan 3 kru ini mulai diproduksi pada 1948 Dengan 2 mesin Klimov VK-1A turbojets Dengan mesin ini pesawat ini dapat terbang dengan kecepatan mencapai 902 km per jaman jarak tempuh 2.180 km.
Pesawat Tempur Tercanggih Militer Indonesia
3. Pesawat tempur terbaru era modern
Karena mendapatkan embargo dari AS dan sekutunya Indonesia memilih untuk kembali ke teman lamanya yaitu Rusia. Pada masa Megawati, Indonesia membeli 2 pesawat tempur canggih yang sangat dikenal oleh musuhnya sebagai Flanker-A yaitu Su-27 dan Su-30

Pesawat Canggih Su-27 Dengan 2 unit mesin Saturn/Lyulka AL-31F turbofans ditambah tangki yang mampu memuat bahan bakar hingga 9.400 kg.Dengan mesin ini pesawat ini dapat terbang dengan kecepatan mencapai 2.500 km per jam dan menempuh jarak sampai 3.530 km. Pesawat canggih Rusia ini memiliki radar jenis Phazotron N001 Myech yang mampu mengunci dan menembak jatuh pesawat musuhserta  mampu mendeteksi lawannya sejauh 100 km.
Pesawat Tempur Tercanggih Militer Indonesia
Pesawat Tempur Tercanggih Militer Indonesia
Militer Indonesia memiliki 5 pesawat jenis Su-27SK/SKM yang kini telah mengabdi untuk menjaga kedaulatan Indonesia. Pesawat Su 27 militer Indonesia juga ditemani oleh pesawat tempur canggih  Su-30 dengan 2 mesin Saturn AL-31F afterburning dapat terbang dengan kecepatan 1.350 km per jam.
Pesawat Canggih BAe Hawk 209 adalah pesawat jet latih (trainer) menggunakan radar canggih APG-66 #khusus varian Mk 200#  serta dilengkapi dengan  rudal AIM-9 Sidewinder. Pesawat tempur ini dioperasikan untuk mengemban misi air superiority serta ground attack. Militer Indonesia memiliki 32 pesawat tempur ini.
Pesawat Tempur Tercanggih Militer Indonesia
Pesawat Canggih T-50 Golden Eagle merupakan pesawat latih supersonik yang dikembangkan oleh Amerika-Korea. merupakan pesawat dengan varian serang ringan. Dengan 2 kru dan Panjang 12.98 m serta Rentang sayap 9.17 m. Pesawat ini memiliki Mesin General Electric F404 afterburning turbofan. Militer Indonesia memiliki 16 pesawat canggih buatan Korsel ini.
Pesawat Tempur Tercanggih Militer Indonesia
Pesawat Canggih Embraer EMB 314  adalah sebuah pesawat latih dengan mesin turboprop memiliki kemampuan COIN (Counter Insurgency) juga disebut sebagai pesawat serang antigerilya buatan Brasil. Indonesia memiliki sebanyak 16.
Pesawat Tempur Tercanggih Militer Indonesia

Pesawat tempur incaran TNI AU kini yang sedang heboh di beritakan adalah pesawat SU 35 untuk menggantikan pesawat F-5 yang telah tak layak lagi. Para analisis militer sangat berharap agar pesawat ini bisa bergabung dengan militer Indonesia. Pemerintah Rusia menyambut baik rencana Indonesia untuk memiliki pesawat tempur canggih ini.

iklan