TNI Uji Senjata PSU Oerlikon Penembak Pesawat

Berita Militer - BABEL – TNI Angkatan Udara bakal menggelar uji coba senjata PSU Oerlikon di Bangka Belitung (Babel). Uji coba itu digelar di sela-sela latihan personil yang bertajuk Latihan Jalak Sakti TNI.
Senjata PSU Oerlikon sendiri merupakan salah satu senjata penembak pesawat yang memiliki spesifikasi bahwa jika musuh sudah terdeteksi radar maka tidak akan bisa lolos. "Senjata Oerlikon cuma dua negara yang punya, yaitu Qatar dan Indonesia," kata Komandan Korps Pasukan Khas (Dankorpaskhas) TNI AU Marsekal Muda Adrian Wattimena, Kamis (4/6/2015).


Ia menambahkan, kecepatan puluru Oerlikon mencapai 250 kilometer per jam. Untuk uji coba ini, senjata itu dipergunakan hanya menembakan satu pesawat drone. Sebab biaya uji coba itu cukup mahal, yakni sekitar Rp1 miliar.

"Oerlikon satu sekitar satu miliar, kalau dibawa semua habis duit. Oerlikon itu pecahanya sampai 25 keping. Kemarin juga uji coba di Malang hasilnya bagus, memuaskan," tutur Andrian.
Selain itu dalam latihan Jalak Sakti, 180 personil Paskhas akan diterjunkan dari udara dengan ketinggian sekira 2.000 kaki.

"Pasukan elit ini sudah terlatih melalui udara, laut, dan darat. Mereka juga diterjunkan tanpa bantuan apapun hanya dengan peralatan adanya saja," ucapnya.okezone.com
iklan