Latihan ‘Hellweek’ Kopaska TNI AL Bikin Dunia Merinding

Latihan 'Hellweek' Kopaska TNI AL Bikin Dunia Merinding - Komando Pasukan Katak ( Kopaska ) Berdiri pada 31 /03/1962, Pendiri dari kesatuan khusus ini adalah Presiden Sukarno. Tujuan awal pendiriannya yaitu untuk mendukung oprasi militer di Irian Jaya.

VIDEO KEKUATAN MILITER iNDONESIA YANG AKAN DIHADAPI DUNIA JIKA MENYERANG INDONESIA

 

Penempatan pasukan elit Indonesia ini terbagi menjadi dua lokasi yaitu Armada Barat di Jakarta dan Armada Timur di Surabaya. Tugas utama Pasukan Elit ini adalah menyerang kapal serta pangkalan musuh, menyerang untuk instalasi bawah air, melakukan persiapan perebutan pantai dari musuh dan Melakukan operasi pendaratan kekuatan amfibi.

Latihan ‘Hellweek’ Kopaska TNI AL Bikin Dunia Merinding

Sejarah

Komando Pasukan Katak (Kopaska) merupakan pasukan khusus militer Indonesia dari TNI Angkatan Laut. Kopaska memiliki Semboyan korps (Tan Hana Wighna Tan Sirna : tak ada rintangan yang tak dapat diatasi). Presiden Pertama Indonesia Soekarno merupakan pendiri dari Korps ini yang diresmikan pada 31 Maret 1962 yang sebenarnya Pasukan khusus militer indonesia telah ada sejak 1954.

Guru besar dari Kopaska yaitu Kapten Pelaut Iskak berasal dari sekolah Tentara katak angkatan laut di pangkalan angkatan laut Surabaya. Kopaska memiliki misi utama yaitu melakukan peledakan/demolisi bawah air musuh dengan melakukan sabotase/penyerangan secara rahasia ke lokasi kapal musuh dan markas musuh dan mampu menjadi pengawal pribadi VIP dari Presiden dan Wakil Presiden Indonesia.

Video : Latihan 'Hellweek' Kopaska TNI AL Bikin Dunia Merinding 

Materi Pendidikan

1. Akademis umum Angkatan Laut
  • #Operasi laut # navigasi # mesin
  • #elektronika # bangunan kapal # komunikasi dan lain lain
2. Level Kepaskaan Materi:
  • #Doktrin Manusia Katak #Penyelaman dasar #penyelaman tempur#renang tempur
  • #kartografi#menembak berbagai jenis senjata# mengemudi dan menangani kapal/perahu cepat dan lain lain)
3. Pendidikan Komando Materi :
  • Dasar komando #perang hutan# jungle survival/sea survival SERE#dan lain lain
  • Pada Angkatan I sampai angkatan 5 pendidikan Komando dilakukan bersama RPKAD/Kopassus di Pusdik RPKAD/Kopassus-Batujajar, Jawa Barat
  • Pendidikan Komando diperintahkan untuk mengikuti di Pusdikmar (Pusat Pendidikan Marinir, Surabaya)
4. Terjun Static dan AFF materi :
  • Materi pendidikan Angkatan I sampai angaktan 5 latihan bersama RPKAD/Kopassus di Pusdik RPKAD/Kopassus
  • Pendidikan terjun diperintahkan mengikuti di Pusdikmar (Pusat Pendidikan Marinir) Surabaya
  • Pendidikan spesialisasi kemampuan terjun (statik & free fall) untuk melakukan pendaratan di sasaran sasaran lepas pantai dan laut dilakukan pengembangan di satuan Kopaska Armada).
5. Intelijen Tempur Materi :
  • Pendidikan tingkat lanjutan di Satuan dilaksanakan di BAIS dan Intelmar/Intelijen Maritim di Surabaya)
6. Sabotase dan kontra sabotase
7. Demolisi bawah air
8. SAR Tempur

Jumlah personel

Untuk jumlah Pasukan khusus Kopaska tidak pernah di ekspos ke publik karena pasukan ini memiliki tingkat kerahasian yang tinggi dalam materi personel.

Latihan Level Neraka 'hellweek'

Materi pedidikan kopaska bertujuan untuk meningkatka kemampuan dan pengalaman dari pasukan khusus ini. Materi yang mereka tempuh merupakan materi berat baik teori dan praktek yang menguras fisik.
Berikut ini adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh Kopaska :
  1. Personel Pasukan Katak (Paska) harus sudah menguasai konsep perang laut secara sempurna. Seperti melakukan misi sabotase dan pembebasan sandera dari musuh, maka pasukan Paska harus sudah memahami bagian-bagian kapal.
  2. Jika telah memahami semua kondiri maka insting pasukan akan langsung bermain di mana bagian dari ruang amunisi, kamar mesin, tanki bahan bakar dan lainya. Karena akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan misi.
Bagaimana para pasukan khusus Kopaska ini berlatih :

1. Seperti Level Neraka
Dimuat dalam buku Kopaska, "Spesialis Pertempuran Laut Khusus" latihan ini dijelaskan bagaimana latihan hellweek itu dilakukan.
Latihan yang pertama kali yang harus ditempuh oleh calon anggota Paska yaitu hellweek. Dalam latihan ini Pasukan Katak benar-benar akan menguras kemampuan, emosi, dan tenaga.
Anda tidak akan tau kapan latihan akan dimulai karena semua calon Pasukan katak tidak pernah diberi tahukan informasi kapan rangkaian latihan hellweek akan dilaksanakan. Bisa saja secara tiba-tiba latihan dimulai ketika mereka sedang mengikuti materi dalamkelas, atau bahkan saat personel sedang tidur terlelap.

Latihan 'Hellweek' Kopaska TNI AL Bikin Dunia Merinding

Uniknya pasukan khusus ini adalah di hari pertama dari latihan minggu neraka ini dibuka dengan proses ritual memakan nasi komando bersama-sama. Isi dari Nasi komando yaitu nasi dari hasil blenderan ( lauk pauk# telur mentah#minyak ikan dan #terasi) semua dijadikan satu. 

Anda dapat banyakan bagaimana rasa Nasi Komando dari calon Paska. Apa yang terjadi jika Nasi Komando dimakan? Anda pasti tau jawabannya. Proses untuk memakan Nasi Komando ini yaitu makanan hasil belender tadi ditaruh dalam 1 tempat dan calon Paska di haruskan makan secara bergiliran. Jika salah satu dari anggot muntah di tempat lokasi proses itu berjalan, maka personil berikutnya tetap harus melahab nasi komando itu sampai tandas.

Tapi untunglah para calon Paska diberikan minuman yang sehat untuk melepas dahaga setelah melahap Nasi Komando, minuman sehat itu adalah jamu brotowali. Ternyata minuman ini sangat luar biasa pahitnya walaupun sehat.

 Latihan 'Hellweek' Kopaska TNI AL Bikin Dunia Merinding Latihan 'Hellweek' Kopaska TNI AL Bikin Dunia Merinding 

 Dalam minggu-minggu latihan porsi tekanan dan beban setiap harinya akan terus ditambah sampai benar-benar mengharuskan seseorang untuk bertahan di titik maksimal. Yang paling aneh adalah anda mungkin tidak akan tau siapa mereka yang mengikuti latihan tersebut, karena nama mereka telah diganti. Nama-nama mereka diganti menjadi nama hewan laut seperti : ikan tongkol, udang, ikan paus, dan kakap. Nama-nama itu wajib digunakan selama latihan bahkan setelah latihan berakhir nama ini masih melekat di antara sesama mereka. 

Latihan 'Hellweek' Kopaska TNI AL Bikin Dunia Merinding
Dengan latihan yang sangat berat tersebut, anda tidak dipakasa untuk melanjutkan latihan dan bagi mereka gugur atau pun mengundurkan diri diminta meletakkan topi bajanya di pinggir lapangan. Dari sini akan kelihatan berapa orang yang sudah mengundurkan diri dalam satu angkatan. 

2.Latihan Level Tingkat Tinggi
Jika seorang Paska telah sukse di hellweek, itu bukan berarti latihan telah usai. Latihan lanjutannya adalah latihan yang masih sangat menguras tenaga juga emosi. Setalah lulus dari latihan awal para pasukan khusu ini wajib mengikuti sekolah penembak. Para Calon Pasukan Elit ini diperkenalkan kepada berbagai macam jenis senjata, baik dimulai dari pistol#senapan serbu# dan senapan sniper. Selain pengenalan senjata calon Paska juga diajarkan berbagai macam jenis teknik tembak reaksi, antiteror dan akurasi.

Latihan lainnya yaitu calon Paska akan menjalani latihan komando gunung hutan serta longmarch di Karang Tekok dan dilanjutkan dengna lintas medan ke Ijen, Situbondo, Bromo sampai Surabaya.

 Latihan 'Hellweek' Kopaska TNI AL Bikin Dunia Merinding 
 Lolos dari latihan komando, berikutnnya adalah giliran latihan terjun wajib dijalani. Mulai terjun statis, HALO, HAHO harus diikuti para calon Paska. Kemudian mereka dididik dengan berbagai aneka praktik demolisi dan pertempuran bawah laut khusus serta praktik intelijen di Banyuwangi dan Malang.Latihan ini memakan waktu 10 hingga 12 bulan. 
Latihan 'Hellweek' Kopaska TNI AL Bikin Dunia Merinding
Demikianlah proses latihan dan materi pendidikan Kopaska yang harus ditempuh untuk mendapatkan brevet Pasukan Katak dan baret merah. Mampukah anda untuk menjadi pasukan khusus Indonesia ini?

Militer AS yaitu Navy Seal saja sudah 64 kali ikut latihan bersama Kopaska selama 30 tahun
iklan