Kopaska Mengajarkan Navy Seals Buat Jebakan Dari Akar Pohon

Kopaska Mengajarkan Navy Seals Buat Jebakan Dari Akar Pohon - Salah satu pasukan khusus yang dimiliki oleh militer Indonesia adalah Kopaska. Kopaska merupakan unit khusus yang dimiliki oleh TNI yang memiliki kemampuan sebagai spesialis misi bawah air. Kemampuan dari Pasukan khusus Indonesia ini telah diakui oleh militer dunia.

Kemampuan Kopaska yang ahli di bawah air, melakukan sabotase, Kemampuan untuk pembebasan sandera, melakukan pengawalan VIP, melakukan gerilya serta antigerilya, operasi terjun bebas, sebagai penyapu ranjau sampai operasi intelijen.

Kopaska Dengan kemampuan khusus ini  menjadikannya setara dengan Navy Sealnya Indonesia.
Pasukan khusus AS (Amerika) melihat kemampuan ini patut untuk dijadikan sebagai bahan pembelajaran. Pasukan Elit AS seperti Navy Seal sering bersama Kopaska untuk menggelar latihan bersama untuk meningkatkan kemampuan. Latihan bersama ini telah dilakukan selama 32 tahun, Selama itu ada 64 kali kedua pasukan khusus ini berlatih bersama dalam latihan dengan tema Flash Iron.
Dalam rangka 50 tahun Kopaska, Pasukan elit ini menerbitkan buku Kopaska "Spesialis Pertempuran Laut Khusus". Dalam buku ini Kopaska mengulas berbagai kemampuan dan kerjasama kedua pasukan elit ini.



Latihan yang dilakukan oleh Kopaska disimulasikan agar tampak seperti pertempuran sungguhan. Dalam latihan tersebut juga dilengkapi dengan peluru tajam. Untuk materi latihan bersama ada beragam diantaranya #mengatasi pembajakan, #perang hutan, #hingga terjun bebas dan #mendarat ke laut.
Navy Seal menunjukan keinginan untuk bekerjasama dan belajar bersama. Dengan latihan yang dilakukan hampir setiap tahunnya karena kemampuan dari pasukan elit Indonesia sehingga pantas untuk dijadikan sebagai guru dan teman.

Salah satu materi yang diajarkan Kopaska kepada Navy SEAL yaitu menciptakan jebakan "booby trap", Jebakan ini dibuat dari bahan-bahan alami yang sudah ada di hutan. Bahan itu berasal dari Ranting, kayu dan akar-akaran, Dengan bahan ini dapat dijadikan senjata yang sangat mematikan jika dikombinasikan dengan senjata atau peledak yang sudah ada.

Kemampuan dari Navy Seal AS dengan dibantu teknologi militer moderen dan terbaru ternyata masih sangat takut dengan jenis perang griliya dengan menggunakan jebakan alami. Oleh karena itu Navy Seal merasa perlu mempelajarinya.

Usai latihan Bersama Pasukan khusus Kopaska dan Navy Seal, Kopaska layak mendapat brevet Trident Navy Seals yaitu brevet kehormatan. Oleh karena itu terkandang kita dapat melihata anggota TNI AL memakai brevet Navy Seals.
iklan