Kapal Selam Generasi Kelima Rusia Dilengkapi Sistem Senjata Robotik

Kapal selam generasi kelima Rusia akan berbeda dengan pendahulunya dari segi pengunaan dan persenjataan yang dilengkapi sistem robotik yang menjanjikan, demikian disampaikan Komandan Angkatan Laut Rusia, Laksamana Viktor Chirkov, Rabu (17/6).

“Kami sudah mulai bekerja untuk menyiapkan desain pengembangan kapal selam selanjutnya, yakni generasi kelima,” kata Chirkov dalam Forum Intenasional Militer-Teknis Army 2015.
Chirkov menjelaskan, program pembangunan kapal Rusia yang dirancang hingga 2050 memungkinkan AL Rusia untuk menyusun persyaratan bagi rancangan kapal selam generasi terbaru, memberi penekanan pada pengunaan yang universal serta efisiensi sistem kontrol dan persenjataan.


“Kapabilitas tempur kapal selam akan ditingkatkan dengan pengembangan platform modular terpadu dan integrasi sistem robotik yang menjanjikan pada persenjataan mereka,” terang sang komandan.

Kepala Biro Desain Malakhit Vladimir Dorofeyev sebelumnya menyampaikan pada TASS bahwa perusahaannya tengah mengembangkan kapal selam nuklir generasi kelima, yang akan dibangun setelah Rusia menyelesaikan seri kapal selam kelas Yasen.
iklan