Ini Spesifikasi dan Harga Heli Chinook Yang Dibeli Militer Indonesia

Berita Militer - Jakarta - Menteri Pertahanan Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu mengungkapkan keinginannya untuk membeli helikopter Chinook. Heli besar ini merupakan pesawat angkut beban besar. Berikut spesifikasinya:

Berdasarkan data dari berbagai sumber, Kamis (4/6/2015), pesawat yang menggunakan dua baling-baling ini dapat mengangkut beban maksimal 12.700 kilogram. Heli ini dapat mengangkut sekitar 55 pasukan tempur bersenjata lengkap dan 3 kru heli yang terdiri dari pilot, kopilot, serta flight engineer.

Heli Chinook ini memiliki beberapa fungsi seperti kendaraan angkut pasukan darat, pengiriman barang dan perlengapan senjata, dan pertempuran. Untuk hal persenjataan, kendaraan ini dilengkapi oleh senapan mesin 7.62 mm yang berada di sekitar pintu dan bahu pesawat.



Panjang heli ini mencapai 30 meter dengan jelajah tempuh mencapai 74i kilometer dan kecepatan maksimum 315 kilometer per jam. Lalu berapakah harga satu heli besar ini? Untuk per unitnya seharga US$ 29.810.000.

Sebelumya, Ryamizard mengatakan meski Chinook mahal namun helikopter ini memiliki kemampuan besar. "Beli Chinook mahal emang, tapi nyawa orang lebih mahal," ucap Ryamizard.

Menurutnya Indonesia membutuhkan penambahan alutsista canggih untuk meningkatkan pengamanan. Seperti misalnya pesawat Chinook yang bisa mengangkut beban berat.

"Kita bisa bawa pakai Chinook bisa angkat tuh berat. Kalau pesawat besar kalau kita kirim pasukan PBB, kalau selama ini pakai kapal kasihan. Jadi bisa sekali jalan, murah meriah senang prajurit," ucapnya.detik.com
iklan