Hebat Orang Ini Nantang Polisi, Jadilah Seperti Dia

www.Merahsatu.com - Hebat Orang Ini Nantang Polisi, Jadilah Seperti Dia - Sering terjadinya Razia yang dilakukan polisi di beberapa tempat yang rawan terjadi pelanggaran oleh pengendara baik motor maupun mobil. Razia di beberapa tempat ini memang sering dilakukan untuk mengantisipasi pelanggaran dan menerapkan disiplin pengguna jalan, Namun yang patut anda ketahui adalah Polisi Indonesia tidak bisa melakukanmengadakan razia sembarangan, walaupun sedang berlaku seperti Operasi Simpatik ataupun Razia Zebera yang terjadi di akhir tahun.
Lokasi Razia yang memang sering dilakukan biasanya sudah sering terjadi pelanggaran oleh pengguna kendaraan, sehingga tidak jarang banyak orang yang terjaring razia. Ternyata Razia tersebut ada yang resmi dan ada yang tidak karena tidak memiliki izin untuk melakukan razia.
Video yang ada dibawah ini menunjukan keberanian seorang warga yang menentang polisi yang sedang melakukan Razia tidak resmi. Dalam video yang disebarkan oleh akun FB" Arif Supriadi "ini si pengguna kendaraan yang tidak diketahui namanya meminta polisi untuk menunjukan surat resmi untuk melakukan razia dan tanpa mau turun dari kendaraannya. Dia meminta polisi untuk menunjukan surat resmi atau perintah untuk melakukan razia kalau tidak bisa dia juga tidak mau menunjukan kelengkapan surat kendaraan yang dia miliki.

Hebat Orang Ini Nantang Polisi, Jadilah Seperti Dia
Polisi tersebut tanpak kebingunggan dan menyangka bahwa sipengguna kendaraan adalah orang yang paham aturan sehingga tidak berani melakukan tilang dan membiarkan si pendara pergi begitu saja.
Menurut Divisi Humas Mabes Polri Razia ataupun pemeriksaan kendaraan bermotor telah ditetapkan dalam PP No 42 Tahun 1993 tentang Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan. Razia tersebut bertejuan untuk memeriksa pengemudi dan kendaraan bermotor untuk kelengkapan persyaratan teknis dan layak jalan serta pemenuhan kelengkapan persyaratan administratif.
Aparat polisi yang melakukan razia yang diberikan kewenangan guna melakukan pemeriksaan, Namun, mereka harus  memiliki surat penugasan yang dikeluarkan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri). Dalam surat tersebut terdapat aspek-aspek yang harus dipenuhi :
  1. alasan dan jenis
  2. waktu
  3. tempat razia
  4. penanggung jawab
  5. daftar petugas
  6. dan daftar pejabat penyidik yang ditugaskan
Para petugas yang  yang bertugas melakukan razia diwajibkan memakai seragam dan atribut yang jelas yaitu :
  1. tanda-tanda khusus sebagai petugas pemeriksa
  2. perlengkapan pemeriksaan
Aturan yang terdapat di pasal 15 ayat 1 sampai 3, termuat bahwa di lokasi pemeriksaan wajib dilengkapi dengan tanda yang yang memperlihatkan adanya pemeriksaan kendaraan bermotor dan tanda tersebut wajib ditempatkan pada jarak sekurang-kurangnya 100 meter sebelum lokasi pemeriksaan.

Posted by Arif Supriadi on 13 Juni 2015
Posted by Arif Supriadi on 13 Juni 2015
iklan