Proyek Peluru Kendali Militer Indonesia

Berita Militer - Militer Indonesia mulai berbenah dan bangkit dari tidurnya, melalui perusahaan berplat merah PT Pindad (Persero), BUMN ini adalah perusahaan yang mampu memproduksi amunisi dan senjata dibawah pengawasan ketat pemerintah. Dengan kerja kerasnya dan riset teknologi yang mendalam kini Indonesia telah mampu mengembangkan roket balistik. Roket ini diberi nama Rudal Pertahanan (R-Han 122). Roket ini merupakan roket pertama buatan asli Indonesia yang diproduksi dan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan TNI. Selama ini militer Indonesia sangat tergantung akan import senjata dari asing pasalnya selama ini masih diimpor dari sejumlah negara.
 
Proyek Peluru Kendali Militer Indonesia
Proyek Peluru Kendali Militer Indonesia


Rudal Pertahanan (R-Han 122) menurut Silmy Karim selaku dari Direktur Utama Pindad  menjelaskan bahwa kemampuan dari Rudal Pertahanan (R-Han 122) adalah jarak tembaknya yang mencapai 15 kilometer (km). Rudal Pertahanan (R-Han 122) merupakan proyek yang akan menjadi awal dari rencana panjang perseroan untuk membuat peluru kendali (rudal) jarak jauh.

Rudal Pertahanan (R-Han 122) yang akan ditingkatkan menjadi peluru kendali ini, akan mampu menempuh jarak tembak yang mencapai ratusan kilometer yang dikendalikan dari ruang kontrol. Ini akan menjadi torehan sejarah yang akan membanggakan Indonesia mengingat saat ini Indonesia belum mampu memproduksi peluru kendali.
 
Proyek Peluru Kendali Militer Indonesia
Proyek Peluru Kendali Militer Indonesia
Sebelumnya Presiden Jokowi berkomitmen untuk mendukung industri pertahanan dalam negeri. Dengan dukungan ini maka diharapkan proyek peluru kendali tersebut dapat segera dipercepat pembuatannya.

Pada Saat ini, perusahaan berplat merah PT Pindad telah mampu mengekspor sejumlah produk senjatanya ke beberapa negara di dunia seperti di Asia dan Afrika.
iklan