Kapal Selam Nuklir Inggris Rusak Parah Ketika Buntuti Kapal Rusia

Kapal Selam Nuklir Inggris Rusak Parah Ketika Buntuti Kapal Rusia
Kapal Selam Nuklir Inggris Rusak Parah Ketika Buntuti Kapal Rusia


Dunia Militer Terkini - Inggris memiliki kapal selam canggih yang dapat memburu kapal selam lain. Kapal selam itu adalah HMS Talent, HMS Talent merupakan kapal selam nuklir pemburu milik Inggris yang dioperasikan sejak tahun 1988. HMS Talent dilengkapi dengan rudal jelajah Tomahawk dan peralatan pelacakan canggih. Kapal selam HMS Talent memiliki bobot 5.300 ton dan berkapasitas 130 orang.

Baru-baru ini The Daily Mail memberitakan bawah kapal HMS Talent mengalami kerusakan di pada bagian lapisan luar yang dibuat untuk meminimalisir transmisi gelombang suara bawah air. Menurut The Daily Mail kapal selam tersebut mengalami kerusakan akibat memburu dan membututi kapal selam milik Rusia.

Berita ini dibantah oleh departemen Pertahana Inggris yang menjelaskan bahwa kapal tersebut akibat bertubrukan dengan potongan es yang mengambang, bukan karena mengejar kapal selam Rusia. Pihak departemen Inggris malah heran darimana informasi yang diberitakan itu didapatkan.

Hal ini pernah terjadi pada perang dingin tahun 1981, seperti catatan The Daily Mail bahwa yang menggunakan alasan 'menabrak es' pernah dipakai Inggris pada masa Perang Dingin. HMS Sceptre bertenaga nuklir  pada tahun 1981bertabrakan dengan  kapal selam rudal balistik nuklir K-211. Pada kejadian ini semua awak kapal Inggris diperintahkan agar mengatakan bahwa mereka menabrak gunung es, bukan kapal milik Soviet.
iklan