TU-160M Blackjack Bomber Baru Rusia Mampu Kalahkan Pesawat Tempur Typhoon Inggris


(www.MerahSatu.com) TU-160M Blackjack Bomber Baru Rusia Mampu Kalahkan Pesawat Tempur Typhoon Inggris - Vladimir Putin selaku Presiden Rusia dikabarkan saat ini bersiap untuk melepas sebuah pesawat baru berjenis pesawat pengebom supersonik, yang diperkirakan mampu mengalahkan pesawat sejenis yang telah ada sebelumnya seperti jet tempur tercepat milik Angkatan Udara Inggris.

Daily Mail merilis berita, Minggu (22 /04), pesawat pembom baru milik Rusia yaitu TU-160M Blackjack dikabarkan lebih hebat, 3 kali lebih cepat dari pesawatr Tupolev TU-95, yang oleh NATO disebut "Bear" oleh NATO.

Keberadaan dari bomber baru Rusia (TU-160M Blackjack), diketahui ketika beberapa kali pertemuan pesawat tempur milik Rusia dengan pesawat tempur Inggris beberapa waktu lalu. Pada saat itu pesawat tempur Typhoon Inggris mampu dengan mudah menghalau pesawat tempur Rusia dengan jenis TU-95.

Tapi berbeda dengan pesawat tempur baru Rusia ini (TU-160M Blackjack) memiliki kemampuan 3 kali lebih cepat dari pesawat tempur pembom TU-95, bahkan pesawat TU-160M Blackjack dapat terbang empat kali lebih jauh dari Typhoon, pesawat tempur Typhoon merupakan bagian dari skuadron reaksi cepat Inggris.

Pesawat TU-160M Blackjack Rusia ini di juluki dengan sebutan Angsa Putih, disebut angsa putih dikarena bentuk dari tubuh dan sayap TU-160M Blackjack mirip dengan angsa putih.

Kecepatan dari Bomber Rusia dengan jenis TU-160M Blackjack yaitu Mach 2 setara dengan jet Typhoon. Bomber Rusia TU-160M Blackjack mampu terbang sejauh 7.600 mil dengan tanpa mengisi kembali bahan bakar.

Dibandingkan dengan Typhoon yang hanya mampu terbang sejauh 1.800 mil. Ini bermakna kalau TU-160M Blackjack dapat mempertahankan kecepatan maksimalnya lebih lama dari Pesawat Inggris.

Seorang peneliti di Royal United Services Institute (RUSI) menjelaskan bahwa TU-160M Blackjack saat ini memiliki kekuatan jauh lebih hebat serta lebih efisiensi bahan bakar.

TU-160M Blackjack mampu membawa rudal-rudal konvensional yang lebih besar. "Uji penerbangan TU-160M Blackjack berjalan sukses, tak ada pesawat tempur Inggris yang dapat menandingi. Itu bomber terbesar di dunia," kata Sutyagin.

Dua dari TU-160M Blackjack pertama sudah lolos uji penerbangan, yang dilakukan pada akhir Desember, kini TU-160M Blackjack mulai dioperasikan. Ada 10 unit TU-160M Blackjack yang akan dimodernisasi sebelum 2020.

Bomber-bomber milik pemerintah Rusia itu diduga kuat sedang dipersiapkan guna menjalani misi, yang berada di pangkalan udara Monchegorsk dekat Murmansk, sebelah utara Rusia, yang hanya berjarak 1.000 mil dari Inggris.

Sutyagin melanjutkan modernisasi TU-160M Blackjack adalah bagian dari strategi Putin, guna memperkuat perangkat militer Rusia saat ini, di area yang menurut Sutyagin mampu lebih superior dari Barat.

Rusia juga sudah meningkatkan kemampuan dari rudal-rudal balistik miliknya seperti rudal Bulava, yang saat ini sangat sulit dideteksi peluncurannya, Rudal Rusia itu kini lebih ringan dan ringkas, sehingga mampu ditempatkan pada sebuah kapal selam.
iklan