Militer Italia Pesan 3 Pesawat latih Canggih Aermacchi T-346

Alenia Aermacchi dan ARMAEREO (Direktorat Peralatan Perang Italia) hari ini menandatangani kontrak di Roma senilai 120 juta Euro untuk menyediakan Angkatan Udara Italia dengan tiga pesawat latih canggih M-346 (diidentifikasi sebagai T-346A oleh Angkatan Udara Italia).

Pesawat Alenia Aermacchi M-346 merupakan pesawat latih tempur (trainer) dari Italia. Pesawat Aermacchi M-346 pada awalnya dikembangkan oleh Italia bersama dengan Yakolev Rusia, ditengah pengembangan bersama tersebut mereka memilih untuk berpisah dan membuat pesawat versinya masing masing. Oleh Rusia pesawat latihnya dinamakan proyeknya Yak-130 dan Italia menamai versinya dengan nama M-346.

Militer Italia Pesan 3 Pesawat latih Canggih Aermacchi T-346
Militer Italia Pesan 3 Pesawat latih Canggih Aermacchi T-346
Kontrak ini merupakan bagian dari perjanjian yang yang sebelumnya telah ditandatangani oleh para pihak pada tahun 2009 untuk memasok total 15 M-346s. Pada saat itu, kontrak untuk tahap pertama dari enam pesawat dan simulator penerbangan yang terkait telah ditandatangani.
 
Simulator Pesawat latih Canggih Aermacchi T-346
Simulator Pesawat latih Canggih Aermacchi T-346
T-346A memberi kontribusi untuk proses update teknologi pelatihan pilot lanjutan tentang
armada Angkatan Udara Italia. Pesawat ini akan bekerja sebagai pilar pelatihan bagi generasi baru pilot taktis, baik bagi pilot Italia dan internasional, dipangkalan 61 ° Stormo di Leccesekolah penerbangan Angkatan Udara Italia - yang dibuka juga untuk mahasiswa percontohan yang berasal dari Negara lain.

Pesawat M-346 telah memenangkan tender internasional yang paling penting (Singapura, Israel dan Polandia), dengan total 59 pesawat yang dipesan sampai saat ini.

Sistem Pelatihan Terpadu M-346 yang (ITS), yang beroperasi di Lecce militer Pangkalan Udara, termasuk, lebih lanjut untuk pesawat, simulator penerbangan dan sistem pelatihan berbasis tanah
iklan