Senjata Buatan Cina Sukses Di Pasar Ekspor

Senjata Buatan Cina Sukses Di Pasar Ekspor - Persenjataan buatan Cina semakin populer di pasar internasional. Liu Song, wakil general manager penelitian dan pengembangan Industries Corp menuturkan, bahwa pendapatan perusahaan mereka terus meningkat dari tahun ke tahun.

"Kami telah mengamati beberapa tahun berturut-turut pendapatan yang baik dari ekspor produk kami, dan angka penjualan terus meningkat dari tahun ke tahun,",kata Liu Song kepada China Daily pada saat diadakannya pameran di provinsi Zhuhai, Guangdong.
VT-4(MBT-3000)
VT-4(MBT-3000)

Industries Group Corp sebagai sayap ekspor Cina, pengembang senjta terbesar di negara. Perusahaan Liu membawa 44 jenis senjata ke pameran dalam enam kategori, termasuk kendaraan lapis baja, rudal anti-tank dan roket.

"Pameran kami mencakup hampir semua senjata tentara yang dibutuhkan tentara," kata Liu. "Kami datang ke sini dengan dua tujuan: menunjukkan pencapaian inovasi teknologi yang dibuat oleh industri senjata dalam negeri China, dan membuat lebih banyak orang tahu produk kami."

Memiliki klien dari Asia Selatan dan Timur Tengah, Norinco juga telah berhasil memenangkan pembeli baru dari Afrika dan Amerika Selatan, menurut Liu. "Permintaan untuk produk kami dari pasar negara berkembang terus meningkat, dan sekarang banyak tentara asing yang datang ke kami," kata Liu.
Di antara yang ditampilkan di pameran Norinco adalah VT-4 tank tempur utama, yang dikatakan sebagai bintang terbesar. 
VT-4(MBT-3000)
VT-4(MBT-3000)

Menurut publikasi militer Barat, VT-4 ini dilengkapi dengan mesin diesel elektronik yang dikendalikan dengan 1.200 tenaga kuda, memberikan tangki kecepatan jelajah dari 68 kilo meter per jam. Meriam utama adalah 125-mm smoothbore yang dapat menembakkan berbagai peluru, termasuk penetrator energi kinetik dan hulu ledak anti-tank. Selain itu, juga dapat menembakkan rudal anti-tank dengan jangkauan maksimum 5,000meters.

"Ini memiliki sistem kontrol api canggih, tipe baru sistem proteksi aktif dan perangkat transmisi state-of-the-art sepenuhnya otomatis," katanya. "Selain itu, jaringan antar unit menghubungkan komandan tank dan kendaraan lapis baja di bawah kelompok tempur, memungkinkan mereka untuk berbagi data medan secara real time."

VT-4 dapat bersaing dengan tank kelas pertama kali digunakan oleh militer Barat seperti Amerika Serikat M1A2 Abrams dan Jerman Leopard 2A6, Liu menambahkan, bahwa T-90 Rusia tidak cocok untuk Tank Cina dalam hal teknologi.

Senjata lainnya yang disorot di pameran Norinco itu termasuk HJ-12 anti-tank rudal PLZ-52, generasi baru, 155 mm self-propelled howitzer pendahulu yang dijual ke Timur Tengah, yang memiliki kemampuan dapat menembak sebuah helikopter yang terbang dengan kecepatan lambat.

"Banyak produk kami secara khusus dirancang untuk pasar luar negeri. Kemampuan mereka sebagai senjata buatan Barat, tetapi harga jauh lebih kompetitif, "kata Liu.
iklan