Seorang Pakar Pertahanan Menghina Pangkalan Kapal Selam Australia

Seorang Ahli pertahanan Australia Menghina usulan yang menyebut agar Darwin dijadikan pangkalan kapal selam, dia beralasan bahwa pelabuhan yang berada di kota itu tak cocok menjadi pangkalan dan dukungan teknis lokal yang dibutuhkan juga tak ada di sana.

Neil James yang merupakan Direktur Eksekutif Asosiasi Pertahanan Australia menyatakan, sebaiknya pangkalan kapal selam harus ditempatkan di daerah yang memiliki akses cepat ke perairan dengan tingkat kedalaman cukup tinggi, bila mungkin dengan dua jalur masuk.

Lain hal nya denga pelabuhan yang berada di Darwin yang dibatasi hutan bakau, hanya memiliki satu pintu masuk, dan rawan terkena gelombang pasang besar serta jauh dari perairan yang dalam.

Neil James sebagai Direktur Eksekutif Asosiasi Pertahanan Australia“Itu tak akan terjadi. Kapal selam akan terus ditempatkan di selatan karena itu satu-satunya tempat yang memiliki pelabuhan yang pantas untuk menjadi pangkalan,” .

Kapal Selam Soryu Class Milik Armada Angkatan Laut Jepang (by google)
Neil James mengatakan, dukungan teknis yang dibutuhkan sebuah pangkalan kapal selam juga tak ditemukan di Darwin.

Sebelumnya, terungkap kabar yaitu generasi berikutnya dari kapal selam Australia adalah tipe ‘Soryu’ buatan Jepang dan kemungkinan besar akan ditempatkan di Darwin.

Neil setuju dengan kemungkinan ‘Soryu’ sebagai generasi kapal selam yang akan dimiliki oleh Australia berikutnya dan mengatakan bahwa karena jangkauan mesinnya yang terbatas mereka akan membutuhkan pangkalan depan di utara Australia.

“Mungkin saja akan ada fasilitas penempatan di suatu tempat di Darwin sehingga kapal selam bisa mengisi ulang bahan bakar sebelum berlayar jauh ke utara,” sebutn Neil James .

Ia mengungkapkan, kapal selam bermesin diesel yang akan dipakai Australia itu hanya diciptakan secara komersil di Rusia, Jepang, dan Australia.


jpg
Australia tipped to buy Soryu Class submarines
Menurut Neil sebagai pakar pertahanan mengatakan, Australia tak mungkin membeli submarine (kapal selam) buatan Rusia dan membeli kapal selam buatan lokal menjadi semakin mahal, sehingga membeli buatan Jepang adalah opsi terbaik.

“Kecuali jika Australia membeli kapal selam bertenaga nuklir seperti yang dipunyai Inggris, Perancis atau Amerika, tapi jika anda ingin kapal selam berdaya jelajah tinggi, buatan Jepang lah yang kemudian muncul,” tegasnya.


iklan