Senjata Perang Terbaru Kapal Perang Canggih Bung Tomo Tiba di Indonesia


Jakarta - Kapal perang baru milik TNI Angkatan Laut, KRI Bung Tomo, telah tiba dan masuk ke kawasan perairan Indonesia. Kapal Perang  dengan jenis multy role light fregat tersebut bertolak dari pabrik pembuatannya di BAE System Maritime Naval, Inggris.

Ketika dihubungi oleh Tempo, Senin, 8 September 2014  Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama Manahan Simorangkir mengatakan  ."KRI Bung Tomo masuk perairan Pulau Sabang (Aceh) hari ini,"


jpg
Kapal Perang Indonesia (KRI) Bung Tomo-357


Kapal perang baru milik TNI Angkatan Laut KRI Bung Tomo rencananya akan berlabuh di markas Armada Laut Timur, Surabaya, untuk dilakukan pemeriksaan kondisi kapal. Selain itu juga, kapal KRI Bung Tomo bernomor lambung 357 tersebut akan menjalani proses pembersihan sebelum dibawa ke Jakarta untuk upacara serah terima pada 28 September mendatang.

seperti yang dikatakan oleh Manahan "Rencananya Presiden yang akan meresmikan,". Usai serah terima, KRI Bung Tomo bakal kembali ke markasnya di Armatim, Surabaya, untuk persiapan perayaan hari ulang tahun ke-69 TNI pada 5 Oktober 2014. Bersama armada lainnya, KRI Bung Tomo akan ditampilkan sebagai salah satu senjata perang terbaru.


jpg
Penari menyambut kedatangan Kapal Perang Indonesia (KRI) Bung Tomo-357 dii Dermaga Pelabuhan Belawan, Medan, Sumut, 8 September 2014. ANTARA/Septianda Perdana

Saat ini TNI Angkatan Laut masih menunggu dua kapal serupa bernama KRI John Lee dan KRI Usman Harun. Kedua kapal tersebut masih dalam perjalanan dari Inggris menuju Tanah Air. "Rencananya tanggal 24 September kedua kapal sudah tiba dan akan dipamerkan dalam HUT TNI," kata dia.

Spesifikasi dan Kehebatan KRI Bung Tomo

  • KRI Bung Tomo memiliki bobot 1,941 ton 
  • Panjang 95 meter dan lebar 12,7 meter. 
  • Kapal ini dilengkapi sistem pendorong empat motor pokok CODAD (combined diesel and diesel) yang mampu berlayar dengan kecepatan maksimum 31 knots dan jarak jelajah 9.000 kilometer.
  • Sistem persenjataan KRI Bung Tomo 357 , seperti peluru kendali anti kapal permukaan MM 40, peluru kendali anti serangan udara Sea Wolf, meriam 76 mm, meriam 30 mm, dan torpedo anti kapal selam. 
  • Didukung oleh sistem kendali persenjataan, navigasi dan komunikasi yang terintegrasi dengan baik, kapal jenis MRLF tersebut dirancang untuk mampu bertempur menghadapi ancaman, baik dari atas air, bawah air maupun udara.
iklan