Bangkitnya Kekuatan Militer China Yang Sukses Uji Rudal Anti-Satelit

Tionkok kembali memamerkan kekuatan militer, Kali ini meliter Tiongkok membuat kemajuan yang luar biasa dibidang pertahanan militer mereka. Militer Tiongkok tidak saja mengirim 3 awaknya ke luar angkasa tapi juga menciptakan Rudal Anti-Satelit. Kemampuan militer tiongkok (china) dalam mengirim Awaknya dalam misi luar angkasanya telah berhasil dan sekarang mereka menciptkan teknologi pertahanan baru yang membuat negara lain harus berpikir jika ingin menyerang Tiongkok.

jpg
Bangkitnya Kekuatan Militer China Yang Sukses Uji Rudal Anti-Satelit
Tiongkok sudah mengambil tindakan lebih maju untuk menantang supremasi AS di ruang angkasa ketika berhasil menguji rudal anti-satelit “non-destruktif” pada 23 Juli, hal ini seperti yang dilaporkan website Voice of Rusia berbahasaTiongkok  yang merupakan siaran radio internasional milik pemerintah Rusia.

Seperti yang diberitakan oleh kantor berita resmi China Xinhua, Kementerian Pertahanan negara tersebut telah mengumumkan bahwa mereka sukses uji coba rudal pencegat dalam “mencapai tujuan yang telah ditetapkan,” dan dikonfirmasi oleh sumber Departemen Luar Negeri AS  “keyakinan tinggi” bahwa itu adalah rudal anti-satelit yang memiliki misi untuk menghancurkan target melalui metode tenaga tumbukan (impact) dan tidak menyebabkan ledakan.


jpg


Kekhawatiran AS terungkap dari pernyataan Departemen Luar Negeri AS pada tanggal  25 Juli setelah uji coba Tiongkok berhasil dilaksankan yang dikirim melalui  lewat ebuah email ke SpaceNews “Kami menyerukan kepada Negara Tiongkok untuk menahan diri dari perbuatan destabilisasi, seperti terus mevgembangkan dan dan menguji sistem perusak anti-satelit- yang mengancam keamanan jangka panjang dan keberlanjutan lingkungan luar angkasa, di mana tempat semua bangsa tergantung,”  Pemerintah AS juga akan terus memantau Tiongkok. “ AS akan terus mengawasi untuk memastikan sistem ruang yang aman dan tangguh terhadap ancaman ruang angkasa yang muncul.”


Kemampuan Tionkok ini dimulai Sejak Presiden Tiongkok Xi Jinping memangku jabatannya tahun lalu,dilaporkan  Presiden China Xi Jinping telah memerintahkan angkatan udara China untuk mempercepat integrasi kemampuan udara dan ruang angkasa. Selama lawatannya ke markas PLA Angkatan Udara pada bulan April,  Presiden Tiongkok Xi Jinping berjanji pengembangan “kekuatan tempur tipe baru” yang dapat menangani keadaan darurat udara dan ruang angkasa dengan “cepat dan efektif.” Uji coba rudal anti-satelit beberapa waktu yang lalu adalah yang kedua di masa pemerintahan Xi, yang sebelumnya sudah meluncurkan roket China sebagai bagian dari tes sistem anti satelit pada Mei tahun lalu. Pada tahun 2007, China dengan sengaja membinasakan salah satu dari satelit cuaca yang sudah tidak berfungsi (mati) menggunakan rudal balistik jarak menengah berhasis darat yang dimiliki militer Tiongkok, dimana tindakan ini dikecam secara luas oleh masyarakat internasional karena meninggalkan awan yang puing-puingnya berpotensi meninggalkan bahaya dalam sabuk orbit Bumi.(asiandefencenews.com).
iklan